Ingin Anak Hafal Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun? Begini Caranya



Sebuah kebahagiaan yang sangat besar bagi seorang muslim jika bisa memiliki anak yang shaleh shalehah dan mampu menghafal seluruh isi Al Qur’an. Sejumlah orangtua muslim pun berusaha mencari info atau cara tentang bagaimana agar anaknya bisa menjadi seorang hafidz.

Ingin Anak Hafal Qur’an Sebelum Usia 7 Tahun? Begini Caranya

Seorang Syekh bernama Dr Kamil Al Labudi membeberkan cara atau kiat praktis agar bisa menjadikan seorang anak hafal Qur’an sebelum usia 7 tahun. Kiat tersebut merupakan hasil pengalamannya dalam mendidik ketiga putra putrinya yang telah menjadi hafidz Qur’an sejak usia 4,5 tahun.

Berikut adalah kiat membuat anak bisa menghafal Qur’an sebelum usia 7 tahun dari Syekh Dr Kamil Al Labudi.

1. Setelah seorang anak lahir, perdengarkan bacaan Al Qur’an setiap harinya 1 juz dan ulangi sebanyak 5 kali. Lakukan selama satu bulan untuk 1 juz saja sehingga jumlahnya menjadi 150 kali ulangan per bulan. Jadi untuk menamatkan seluruh bacaan Al Qur’an adalah 30 bulan atau 2,5 tahun. Dengan demikian pada usia 2,5 tahun seorang anak bisa mendengarkan 150 kali bacaan seluruh isi Al Qur’an.

2. Pilihlah suara bacaan yang cukup fasih seperti dari Qori Syekh Mahmud Kholil Al Hushori, Syekh Shiddiq Al Minsyawi ataupun yang lainnya.

3. Ketika anak sudah mendengarkan seluruh Al Qur’an, maka ajarkan anak untuk menghafal. Selama satu hari, ajarkan anak menghafal setengah atau satu halaman. Ulangi setiap harinya selama 5 kali.

4. Untuk lebih membuat anak bersemangat menghafal, berikanlah hadiah sehingga target yang diharapkan tercapai.

5. Senantiasa berdoa kepada Allah agar dimudahkan dalam membimbing anak menghafal.

Demikian cara agar anak hafal Al Qur’an sebelum usia 7 tahun. Semoga kita semua dikaruniai anak yang shaleh shalehah dan menjadi seorang hafidz. Aamiin

Baca Juga:





Loading...