Alhamdulillah, Pemangkasan Kuota Selesai, Tahun 2017 Kuota Haji Indonesia 211 Ribu Jamaah

Alhamdulillah, Pemangkasan Kuota Selesai, Tahun 2017 Kuota Haji Indonesia 211 Ribu Jamaah

author photo
Kuota haji Indonesia akhirnya kembali normal. Pemerintah Arab Saudi mengumumkan penghentian pemangkasan kuota yang sudah berjalan lima tahun terakhir. Dengan kebijakan ini kuota haji Indonesia kembali normal yakni 211 ribu jamaah.

Alhamdulillah, Pemangkasan Kuota Selesai, Tahun 2017 Kuota Haji Indonesia 211 Ribu Jamaah


Selama lima tahun periode pemangkasan kuota, jamaah haji Indonesia dikurangi hingga 168 ribu. Pemangkasan sebanyak 20 persen itu merupakan kebijakan pemerintah Arab Saudi dan diberlakukan merata bagi seluruh negara, tak terkecuali Indonesia.

Pemerintah kerajaan Arab Saudi memutuskan untuk mencabut kebijakan pemotongan kuota haji yang berlaku sejak lima tahun lalu.

Keputusan penormalan kuota haji ini diambil setelah Pemerintah kerajaan Arab Saudi menyetujui usulan putra mahkota Muhammad bin Naif, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, yang merangkap Ketua Komite Haji Agung.

Atas keputusan itu, Muhammad meminta semua departemen untuk bersiap-siap menerima jamaah haji dalam jumlah besar. Untuk kuota, Muhammad akan menyerahkan hasil besarannya kepada Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi.

Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Shaleh bin Thahir Bantani berterima kasih dan menyambut baik keputusan yang diambil Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Putra Mahkota Muhammad bin Naif, dan Wakil Putra Mahkota Muhammad Bin Salman.

Shaleh berjanji akan mempersiapkan sejumlah perbaikan untuk menyambut jutaan jamaah haji di musim haji tahun 2017 mendatang.

" Putra Mahkota Mohammed bin Naif bin Abdulaziz, Wakil Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri, yang juga Ketua Komite Agung Haji menekankan peningkatan jumlah jemaah haji akan diimplementasikan secara bertahap," kata Bantani kepada Saudi Press Agency, Kamis, 5 Januari 2017.

Kendati demikian, dengan bertumbuhnya jumlah Muslim di Indonesia jumlah kuota jamaah haji kemungkinan bisa bertambah. Sebab, perhitungan kuota haji ditentukan oleh jumlah penduduk Muslim di suatu negara dibagi wilayah dengan satuan mil.




Next article Next Post
Previous article Previous Post