14 Keistimewaan Wudhu Sebelum Tidur yang Perlu Kita Ketahui



Wudhu menjadi sesuatu yang akrab bagi kaum muslim. Pasalnya wudhu merupakan salah satu cara bersuci untuk melakukan ibadah dalam islam. Wudhu menjadi ritual suci, sebelum anda menginjak sajadah dan mengenakan mukena apabila hendak melakukan sholat atau ibadah suci lainnya.
Namun tahukah kamu bahwa melakukan wudhu terlebih dahulu merupakan salah satu kebiasaan Rasul?

14 Keistimewaan Wudhu Sebelum Tidur yang Perlu Kita Ketahui


Seperti riset yang telah penulis lakukan, manfaat yang dirasakan dari berwudhu sebelum tidur yaitu :

1. Bebas dari kuman jahat
2. Membantu menjaga kesehatan kulit
3. Membantu menjaga kesehatan wajah
4. Mampu mencerahkan kulit
5. Hati pun terasa tenang

Nabi bersabda: Barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah. Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah.

Pernyataan di atas telah dibuktikan oleh seorang peneliti dari Universitas Alexsandria yaitu Dr Musthafa Syahatah yang sekaligus menjabat sebagai Dekan Fakultas THT, menyebutkan bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih sedikit dibanding orang yang tidak berwudhu. Bahkan para ulama dan para peneliti ternama mengemukakan, bahwasanya masih banyak lagi manfaat wudhu sebelum tidur, yaitu:

6.  Bentuk dan upaya menstimulus syaraf pusat
7. Ketika mati, maka akan dianggap mati syahid (kalau bukan bahasa indonesia biasanya di tulis miring)
8.  Disunnah kan oleh rasulullah
9.  Didoakan oleh malaikat
10. Merilekskan otot sebelum tidur
11. Bentuk dan upaya menstimulus syaraf pusat
12. Menghindari penyakit kulit
13. Menormalkan detak jantung
14. Menyembuhkan insomnia

Dan pernyataan di atas pun benar adanya, contohnya salah satu yang di kemukakan oleh peneliti yaitu bentuk dan upaya menstimulus syaraf pusat, seperti peneliti yang dilakukan oleh Prof. Leopold Warner Von Ehrenfels,. Beliau adalah psikiater sekaligus ahli di bidang neurology dari Austria mengakui sesuatu yang istimewa ketika seseorang berwudlu. Pusat syaraf manusia yang paling peka adalah pada bagian tangan, kaki serta sebelah dahi. Ketiga bagian ini bisa di katakan sangat sensitif dengan keberadaan air segar. Sehingga ketika seseorang membasuh ketiga bagian tersebut, secara tidak langsung akan menstimulus syaraf pusat.

Di samping itu tentunya anjuran untuk berwudhu juga mengandung nilai ibadah yang tinggi. Sebab ketika seseorang dalam keadaan suci. Jika seseorang berada dalam keadaan suci,berarti ia dekat dengan Allah. Karena Allah akan dekat dan cinta kepada orang-orang yang berada dalam keadaan suci.

Rasulullah SAW bersabda: Barang siapa tidur dimalam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berucap Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci'. (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a)

Hal ini juga ditulis dalam kitab Tanqih Al-Qand Al-Hatsis karangan Syekh Muhamad Bin Umar An-nawawi Al-mantany. Dari Umar Bin Harits bahwa Nabi bersabda: Barang siapa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati disaat tidur maka matinya dalam keadaan syahid disisi Allah. Maksudnya orang yang berwudhu sebelum tidur akan memperoleh posisi yang tinggi disisi Allah.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa berwudhu sebelum tidur merupakan anjuran Nabi yang harus dikerjakan bila seseorang ingin memperoleh kemuliaan disisi Allah.

Hal ini sangat mudah untuk dilakukan, akan tetapi dengan rasa kemalasan yang ditekan oleh godaan setan menjadikan hal itu sebuah kesulitan untuk melakukannya. Semoga Allah memudahkan segala kesulitan tersebut.

Baca Juga:



Ini adalah sebuah hal yang kecil akan tetapi membawa banyak sekali manfaat yang diperoleh. Maka dari itu selagi mampu menyempatkan waktu kita untuk berwudhu sebelum tidur maka berwudhulah. Jadikan itu sebuah kebiasaan layak untuk beribadah kepada Allah SWT.



Loading...