Setan, Jin Berkeliaran di Waktu Ini Bukan Mitos

Setan, Jin Berkeliaran di Waktu Ini Bukan Mitos

author photo
Diriwayatkan dari sahabat Jabir bin Abdullah, ia berkata, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam bersabda, “Jangan kalian membiarkan anak anak kalian di saat matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam sebab setan berpencar jika matahari terbenam sampai menghilang kegelapan malam,” (HR. Muslim)

Setan, Jin Berkeliaran di Waktu Ini Bukan Mitos
Ilustrasi


Kita semua mungkin sudah tahu bahwa maghrib merupakan waktu shalat tiga rakaat yang dilakukan ketika bumi berpindah waktu dari siang menjadi malam hari.

Ketika magrib datang, Biasanya para orangtua menyuruh anaknya untuk masuk ke dalam rumah dan menghentikan semua aktivitas di luar rumah.

Mereka percaya bahwa ketika waktu magrib tiba, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Setelah magrib, mereka kembali membiarkan anak-anaknya untuk bermain di luar rumah.

Sebagian umat Islam yang awam akan menganggap bahwa larangan ini merupakan mitos yang dipercaya secara turun temurun. Biasanya mereka hanya meneruskan kebiasaan orang tua dan tidak mengetahui bahwa sebenarnya larangan ini ada dalam hadits Nabi.

Dalam sabdanya, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam mengatakan bahwa ketika Magrib, akan banyak setan dan jin yang berkeliaran. Ternyata, hadits Nabi ini bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dalam riwayat lain Nabi bersabda: (Jika sore hari mulai gelap maka tahanlah bayi bayi kalian sebab iblis mulai bergentayangan pada saat itu, jika sesaat dari malam telah berlalu maka lepaskan mereka, kunci pintu pintu rumah dan sebutlah nama Allah sebab setan tidak membuka pintu yang tertutup. Dan tutup rapat tempat air kalian dan sebutlah nama Allah. Dan tutup tempat makanan kalian dan sebutlah nama Allah. meskipun kalian mendapatkan sesuatu padanya.”

Hadits Nabi SAW ini bisa dijelaskan secara ilmiah. Sebuah buku ilmiah keagamaan karya Prof. DR. Ir. H. Osly Rachman, MS berjudul The Science Of Shalat yang diterbitkan Qultummedia menjelaskan bahwa menjelang magrib, alam akan berubah menjadi spektrum cahaya berwarna merah.

Cahaya merupakan gelombang elektromagnetis (EM) yang memiliki spektrum warna yang berbeda satu sama lain. Setiap warna dalam spektrum mempunyai energi, frekuensi dan panjang gelombang yang berbeda.

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa ketika waktu maghrib tibamenjelang, terjadi perubahan spektrum warna alam yang selaras dengan frekuensi jin dan iblis, yakni spektrum warna merah.

Pada waktu tersebut, jin dan iblis amat bertenaga karena memiliki resonansi yang sama dengan warna alam. Pada waktu Maghrib, banyak interfernsi atau tumpang tindihnya dua atau lebih gelombang yang berfrekuensi sama sehingga penglihatan terkadang kurang tajam oleh adanya fatamorgana.

Dalam Islam, pada waktu magrib dijelaskan bahwa setan bersamaan dengan datangnya kegelapan mulai menyebar mencari tempat tinggal, karena mereka tersebar dengan pemandangan luar biasa biasa dan jumlah yang tidak ada yang tahu selain Allah. Sebagian setan takut dari kejahatan setan yang lain, sehigga setan harus memiliki sesuatu yang dijadikannya sebagai tempat berlindung dan mencari tempat aman.

Setan, Jin Berkeliaran di Waktu Ini Bukan Mitos


Maka ia bergerak dengan cepat melebihi kecepatan manusia dengan kecepatan berlipat lipat, beberapa dari mereka berlindung dalam wadah kosong, berlindung ke rumah kosong, dan beberapa dari mereka berlindung kepada sekelompok manusia yang sedang duduk duduk. Mereka tentu tidak merasakannya, mereka ikut menimbrung supaya menjadi aman dari penindasan saudara sesama setan yang juga berkeliaran seperti angin di bumi karena yang boleh hidup hanya yang kuat saja.

Kadang kala setan mengganggu anak kecil manusia untuk dijadikan tempat berlindung. Selain itu setan juga berlindung ditempat yang kotor seperti pada popok bayi yang sudah kotor. Mereka lebih memilih popok bayi karena najis sebagai tempat persembunyian, sehingga mendorong mereka untuk tinggal.

Anda mungkin pernah menemukan beberapa anak kecil yang tiba-tiba menjerit, bahkan ada yang sampai menggelepar ketika tidur karena gangguan setan yang merasukinya saat dijadikan tempat berlindung.

Baca Juga:




Pada waktu magrib, kita diimbau untuk menjauh dari hewan, seperti kucing, burung, dan mengurangi kecepatan ketika sedang mengemudi mobil karena dikhawatirkan menabrak anjing atau hewan lain yang bisa jadi telah dirasuki setan dan jin. Tidak boleh pula berjalan-jalan di tempat sepi atau duduk di tempat itu, atau melempar batu ke dalam kamar mandi, kebun dan laut.

Baca Juga:


Next article Next Post
Previous article Previous Post