Hari Ini Selasa 27 Desember 2016 Aceh Dilanda Gempa Lagi, Ini Penyebabnya

Hari Ini Selasa 27 Desember 2016 Aceh Dilanda Gempa Lagi, Ini Penyebabnya

author photo
Hari ini, Selasa (27/12/2016) daerah Meulaboh Aceh Barat diguncang gempa berkekuatan 4,5 SR. Dari laporan BMKG diketahui bahwa gempa terjadi pukul 01:24:33 WIB dan berada pada titik koordinat 4.08 lintang utara (LU) – 95.581 Barat Timur (BT).

Dari penuturan Siswanto selaku Kepala Stasiun BMKG Kota Sabang, gempa yang terjadi di provinsi Aceh tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

Hari Ini Selasa 27 Desember 2016 Aceh Dilanda Gempa Lagi, Ini Penyebabnya
Kerusakan yang terjadi akibat gempa di Pidie Jaya beberapa waktu lalu
“Kita mengimbau kepada masyarakat tidak resah terhadap gempa tadi dan selalu dalam keadaan waspada terhadap potensi gempa susulan,” ucapnya, sebagaimana yang dilansir Antara News, Selasa (27/12/2016).

Ia juga mengingatkan kepada warga untuk tidak termakan dengan isu-isu yang tidak bertanggung jawab atau hoax.

“Jika terjadinya gempa dan isu yang tidak jelas sumbernya bisa menghubungi kantor BMKG terdekat,” lanjutnya.

Dijelaskannya bahwa jika dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi termasuk dangkal. Ini dikarenakan akibat aktivitas tektonik dari subduksi. Subduksi sendiri adalah lempengan Indonesia-Australia ke bawah Lempeng Eurasia.

Lempeng Indonesia-Australia tersebut bergerak menyusup ke bahwa lempeng Eurasia. Sementara dari hasil monitoring pukul 02.00 WIB belum terjadi gempa susulan di wilayah yang sama.

Meski begitu, Siswanto tetap mengimbau agar masyarakat terutama yang berada di pesisir pantai barat Kota Banda Aceh dan Meulaboh tetap tenang dan menunggu arahan BPBD dan BMKG.

Next article Next Post
Previous article Previous Post