Video Kyai Yang Ceramah Di Gereja Dan Ucapkan 'Puji Tuhan' Ini Menuai Banyak Kontroversi




Sebuah video menghebohkan dan menjadi perbincangan di media sosial maupun beragam situs pemberitaan. Pasalnya dalam video tersebut nampak seorang kyai sedang berceramah di sebuah gereja dan mengucapkan ‘Puji Tuhan’ yang menjadi kebiasaan umat Kristen.

Video Kyai Yang Ceramah Di Gereja Dan Ucapkan 'Puji Tuhan' Ini Menuai Banyak Kontroversi

Kyai yang diketahui bernama Kyai Haji Nizam atau Gus Nizam ini merupakan seorang pimpinan pondok pesantren sekaligus pelantun syiir Tanpo Waton. Sebuah syiir yang sering diperdengarkan menjelang adzan dan dianggap sebagai suara almarhum Kyai Gus Dur.

Gus Nizam memang mengidolakan sosok Gus Dur dalam segala aspek, terutama dalam hal toleransi beragama.

Dilansir dari Tribun, video tersebut diambil pada hari Sabtu (27/8/2016) dimana Gus Nizam menghadiri acara Misa di sebuah gereja bersama dengan istrinya. Tampak ia sesekali ikut berdiri sesuai dengan instruksi Romo (pendeta) terhadap jemaat yang lain. Alasannya sebagai bentuk penghormatan dan toleransi beragama.

Ketika selesai melaksanakan misa, Gus Nizam kemudian mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan ceramah di atas podium. Dalam ceramahnya ia mengajak seluruh umat beragama untuk hidup dalam kedamaian. Ia juga sesekali mengucapkan ‘Puji Tuhan’ khas Kristen. Padahal dalam islam sudah jelas ada ucapan ‘Alhamdulillah’ ataupun bisa dengan ucapan ‘Segala puji bagi Allah’.

Video Gus Nizam yang berceramah di gereja itu pun menuai kontroversi di kalangan umat islam. Berikut videonya.



Lihat Juga:







loading...