Mencengangkan! Ini Yang Ditemukan Dalam Gua Yang Tertutup Selama 5,5 Juta Tahun Lalu




Masyarakat dunia mungkin sudah banyak yang mengetahui tentang keberadaan Laut Hitam, namun hanya sedikit atau bahkan tidak tahu jika ada sebuah gua bernama Gua Movile di Rumania yang berjarak beberapa mil dari laut tersebut.

Memang gua ini sudah tertutup sejak 5,5 juta tahun yang lalu dan ditemukan pertama kali pada tahun 1986. Gua tersebut tanpa disengaja ditemukan ketika pemerintah Rumania hendak mencari tempat untuk membangun listrik bertenaga nuklir. Ternyata ketika mendapati gua tersebut, pemerintah memutuskan untuk tidak menjadikannya tempat membangun sumber listrik.

Mencengangkan! Ini Yang Ditemukan Dalam Gua Yang Tertutup Selama 5,5 Juta Tahun Lalu
Gua Movile di Rumania (Elitereaders.com)
Dilansir dari Elitereaders, di dalam gua tersebut nampak serangkaian lubang vertikal dan terowongan batu kapur yang dibentuk secara alami oleh alam. Semakin ke dalam, kadar oksigen pun semakin menipis dan kadar karbon dioksida justru semakin tinggi sehingga sangat sulit jika gua ini menjadi tempat hunian.

Meski gelap dan kurangnya oksigen, ternyata ada makhluk yang tinggal di sana dalam kurun waktu yang lama. Makhluk di dalam gua tersebut tidak memiliki pigmen maupun mata. Mereka hanya mengandalkan antena dan kaki yang panjang untuk berjalan dan berburu di dalam kegelapan.

Beberapa hewan yang berada di gua Movile tersebut antara lain kalajengking katai, lintah, kalajengking air dan isopoda. Untuk bertahan hidup hewan-hewan tersebut mengandalkan bakteri Chemosynthetic yang mendapatkan karbon dan energi mereka langsung dari reaksi kimia.

Seorang ahli mikrobiologi mengatakan kepada BBC Earth bagaimana makhluk-makhluk tersebut bisa berada di gua yang tertutup tersebut.

“Ini sangat mungkin bahwa bakteri telah ada jauh lebih lama dari lima juta tahun lalu. Tetapi serangga-serangga itu terjebak di sana sekitar lima juta tahun lalu,” ucap J Colin Murrel yang menjadi ahli mikrobiologi University of East Anglia.

“Mereka bisa saja jatuh dan terperangkap ketika batu kapur longsor, yang akhirnya menutup gua sampai ditemukan lagi pada 1986,” tambahnya.

Baca Juga:







loading...

close ini