Dua Sekawan Ini Ciptakan Payung Pintar Untuk Jamaah Haji, Lihat Berbagai Fitur Canggihnya




Dua Sekawan Ini Ciptakan Payung Pintar Untuk Jamaah Haji, Lihat Berbagai Fitur Canggihnya
Payung cerdas yang sekilas seperti payung biasa (Khaleej Times)
Dua Sekawan Ini Ciptakan Payung Pintar Untuk Jamaah Haji, Lihat Berbagai Fitur Canggihnya

Bagi para jamaah haji, kendala seperti tersesat atau terpisah dari rombongan serta terik matahari yang cukup menyengat menjadi kendala yang harus terus dicari solusinya.

Salah satu yang telah diaplikasikan kepada para jamaah haji saat ini adalah gelang dengan sistem GPS yang nantinya memudahkan untuk menemukan orang yang terpisah dari rombongannya. Tak hanya itu saja, kini telah dikembangkan sebuah sistem yang sama namun berbentuk payung.

Dilansir dari Khaleej Times (21/8/2016) bahwa payung tersebut bukanlah payung sembarangan. Selain memiliki sistem GPS, alat untuk berteduh dari sengatan matahari ini juga dibekali dengan tiga port USB guna menjadi pengisi daya telepon bersistem tenaga matahari.

Menurut penemunya, Kamel Badawi, dirinya mengaku saat ini tengah mencari investor agar payung tersebut bisa diproduksi secara massal.

Payung cerdas yang diberi nama “Kafya” tersebut dibuat di Mekkah dan idenya berawal dari pengalaman hidup Badawi dalam melayani para jamaah haji sejak kecil. Tak heran jika Badawi pun paham betul apa yang dibutuhkan oleh para jamaah.

“Payung tak hanya dibutuhkan di Eropa, tapi juga diperlukan saat haji. Bagaimana pun juga mereka memerlukan payung untuk melindungi mereka dari terik matahari,” ucapnya.

Bersama dengan kawannya yang berasal dari Palestina, Manal Dandis, keduanya mampu membuat sebuah payung sangat bermanfaat bagi jamaah haji.

“Tak ada yang pernah memikirkan payung itu bisa digunakan untuk lebih dari dua manfaat. ketika kami berpikir tentang payung ini, kami menemukan bisa menyisipkan kipas angin agar membuat pemakai tetap merasa sejuk,” pungkasnya.

Baca Juga:








close ini