Cantik Wajah Dan Cantik Hati, Gadis Berhijab Ini Berdayakan Mantan Penderita Kusta




Cantik Wajah Dan Cantik Hati, Gadis Berhijab Ini Berdayakan Mantan Penderita Kusta

Cantik Wajah Dan Cantik Hati, Gadis Berhijab Ini Berdayakan Mantan Penderita Kusta

Kusta memang salah satu penyakit yang membuat orang enggan untuk mendekat apalagi berteman dengan penderitanya. Meskipun telah sembuh, tetap saja orang lain menganggap bahwa penyakit tersebut bisa tiba-tiba menular kepada dirinya.

Atas dasar tersebut, gadis cantik berhijab bernama Hafiza Elvira Nofitariani mencoba mengubah pandangan masyarakat tentang para penderita kusta yang telah sembuh. Bersama dengan empat rekannya, Hafiza berusaha memberdayakan mereka agar bisa hidup mandiri dan tidak mengharap pemberian orang saja.

Rencana Hafiza dan rekan-rekannya bermula saat melakukan tugas kuliah. Setelah itu mereka tergerak untuk memberdayakan para mantan penderita kusta yang berada di suatu perkampungan daerah Tangerang bernama Sitanala.

Perjuangan Hafiza dan teman-temannya bukanlah tanpa hambatan. Hafiza harus berusaha membuat kepercayaan diri para mantan penderita kusta kembali lagi dikarenakan mereka malu jika harus berkumpul bersama dengan keluarga. Alhasil mereka lebih memilih tinggal di sekitar rumah sakit dan melakukan pekerjaan serabutan untuk hidup sehari-hari.

“Butuh tiga bulan untuk pendekatan, banyak dari mereka yang ragu karena mungkin saat itu kami masih mahasiswa. Tapi kami terus dan serius meyakinkan mereka hingga akhirnya setuju diberi pelatihan,” ucap Hafiza.

Sejak saat itu berdirilah sebuah wadah pelatihan yang diberi nama Nalacity Foundation di tahun 2010. Di bawah naungan wadah pelatihan tersebut, Hafiza bisa membekali ibu-ibu mantan penderita kusta dengan berbagai keterampilan seperti menjahit manik-manik pada jilbab. Tak hanya itu saja, mereka pun mendapatkan upah atas karya mereka.

Cantik Wajah Dan Cantik Hati, Gadis Berhijab Ini Berdayakan Mantan Penderita Kusta

Dari penuturan Hafiza dan rekan-rekan lainnya, yang sangat sulit adalah merubah pola pikir masyarakat karena sejak dulu mereka hanya mengandalkan pemberian orang dan pesimis dalam menatap masa depan.

Akan tetapi lambat laun pola pikir itu pun sirna dan hasilnya sangat mengagumkan. Terbukti jilbab karya mantan penderita kusta tersebut laris di pasaran dan meraup banyak omzet.

Tak hanya memberdayakan, Hafiza dan yang lainnya juga memberikan penerangan tentang penyakit kusta serta beberapa kesalahan yang sering terjadi di masyarakat dalam menanggapai penderita kusta.

Kini Nalacity Foundation tak hanya memberdayakan mantan penderita kusta, namun juga masyarakat sekitar. Bahkan mereka mengadakan berbagai kegiatan sosial dalam setiap moment tertentu.

Baca Juga:


Semoga kelompok atau wadah pelatihan ini menjadi inspirasi bagi yang lainnya guna memberdayakan semua lapisan masyarakat agar menjadi lebih bermanfaat.





loading...

close ini