Komunitas Muslim Di Negara Ini Ternyata Berbuka Dengan Menyantap Garam




Komunitas Muslim Di Negara Ini Ternyata Berbuka Dengan Menyantap Garam
Keluarga Avra Huzaiva
Komunitas Muslim Di Negara Ini Ternyata Berbuka Dengan Menyantap Garam

Ketika masuk dalam bulan suci Ramadhan, setiap muslim yang ada di berbagai negara biasanya memiliki kebiasaan yang berbeda dengan muslim lainnya, terutama ketika berbuka puasa. Sama halnya seperti kebiasaan unik yang dilakukan oleh komunitas muslim Bohra asal India yang berbuka dengan hanya menyantap sejumput garam disertai ucapan basmalah.

Tentu saja kebiasaan yang dilakukan oleh Muslim Bohra sangat jauh berbeda dengan umumnya masyarakat yang lebih memilih menyantap makanan yang manis terlebih dahulu. Bahkan Rasulullah pun mengajarkan untuk mengkonsumsi buah kurma dan air putih ketika berbuka puasa.

Namun menurut muslim Bohra ternyata mengkonsumsi garam ketika berbuka akan memberikan perlindungan terhadap sejumlah penyakit.

Salah satu keluarga muslim yang menganut pemahaman tersebut adalah keluarga Avra Huzaiva yang kini tinggal di Dubai, Uni Emirat Arab. Keluarga dari komunitas Bohra ini terlihat masih menganut tradisi leluhur mereka ketika berbuka puasa.

Dilansir dari Khaleej Times, setiap hari di bulan Ramadhan, keluarga Avra Huzaiva mendatangi dan berbuka di Business Bay Dubai dimana di tempat tersebut menjadi pusat Komunitas Bohra.

“Pemimpin kami mengatakan memasak di rumah harus dihindari karena bulan Ramadhan hanya untuk berdoa dan membaca Qur’an,” ucap Avra.

Selain berbuka puasa bersama, berkumpulnya komunitas tersebut akan mempererat kebersamaan diantara anggotanya. Avra mengatakan, “Ini membantu kami membangun ikatan komunitas yang kuat.”

Akan tetapi Avra dan keluarga pada hari itu tidak berkumpul dengan komunitas lainnya dan memilih untuk berbuka di rumah saja bersama dengan keluarga.

Terlihat mereka pertama kali berbuka dengan garam. Setelah itu barulah mereka menunaikan sunah Rasul dengan menyantap kurma dan air putih. Avra dan sekeluarga lantas melaksanakan sholat maghrib terlebih dahulu sebelum menyantap hidangan yang lebih berat porsinya.

Avra kemudian menyiapkan hidangan khas Bohra diatas nampan yang besar. Di atas meja tersebut terhidang berbagai makanan yang lezat dan menggugah selera seperti daging dengan berbagai olahan, buah, dan minuman manis yang mampu menyegarkan kerongkongan setelah seharian berpuasa.

Ketika mereka buka bersama dengan komunitasnya, maka biasanya satu nampan yang besar akan dikelilingi oleh 8 orang. Makanan tersebut tidak akan dimakan sebelum yang mengelilingi nampan itu berjumlah 8 orang.

Makanan dalam nampan itu pun digilir dengan cara memutar nampannya mulai dari yang manis, berbagai rasa kemudian kembali lagi pada makanan yang manis. Mereka pun mengakhiri jamuan tersebut dengan menyantap sejumput garam.

Baru setelah sholat isya, mereka mendapatkan nampan yang berisi hidangan lezat berupa makanan pokok yang mengenyangkan.

Baca Juga:


Itulah salah satu keunikan berbuka puasa yang dilakukan oleh komunitas Bohra asal India yang kini tersebar ke berbagai negara. Semakin meriahlah suasana Ramadhan dengan segala keunikan muslimnya di berbagai negara. Wallahu A’lam