Kedua Jenazah Ini Masih Utuh Dan Wangi Saat Kuburan Dibongkar Karena Terancam Abrasi Air Laut




Kedua Jenazah Ini Masih Utuh Dan Wangi Saat Kuburan Dibongkar Karena Terancam Abrasi Air Laut
Foto: GoAceh
Kedua Jenazah Ini Masih Utuh Dan Wangi Saat Kuburan Dibongkar Karena Terancam Abrasi Air Laut

Bagi warga pesisir, kuburan seringkali berdekatan dengan bibir pantai. Hal ini pula yang terjadi di pemakaman umum Gampong Lhok Pawoh, Kecamatan Sawang, Kabupaten aceh selatan dimana kuburan yang ada di sana mulai tergerus akibat abrasi laut.

Demi menyelamatkan jenazah yang belum terbawa arus laut, warga pun membongkar beberapa kuburan yang tersisa. Namun ada yang aneh dari dua kuburan di sana. Pasalnya ketika digali, muncul bau harum yang semerbak dari dalam kubur. Selain itu kain kafannya pun masih bagus dan jenazahnya utuh.

Keduanya merupakan kuburan seorang wanita dan seorang laki-laki. Kuburan sang wanita adalah milik almarhumah Jasmanidar yang telah meninggal pada tahun 1990. Sementara kuburan laki-laki adalah milik almarhum Hasan yang meninggal tahun 2001. Meski sudah dikubur cukup lama, namun jasad keduanya masih utuh dan wangi.

Seorang putra almarhumah menuturkan bahwa alasan pembongkaran tersebut karena kuburan orang tuanya sudah mulai tergerus oleh air laut.

“Kuburan orang tua saya digerus ombak pasang. Khawatir ditelan air laut, makanya kami bongkar untuk dipindahkan ke lokasi yang aman. Benar, atas kehendak Allah, jenazah almarhumah ibu dan almarhum Wak Hasan masih utuh. Persis seperti saat baru meninggal dunia,” ucap Zaimar selaku putra almarhumah, sebagaimana dilansir dari GoAceh (17/06/2016).

Sebelum melakukan pembongkaran, pihak keluarga melakukan doa bersama terlebih dahulu dan Alhamdulillah pemindahan jenazah keduanya pun berjalan dengan lancar.

***

Fenomena jasad yang dikubur bertahun-tahun namun tetap utuh kini sudah banyak terlihat. Hal ini menjadi bukti bahwa keterangan Allah dan Rasulullah memang benar bahwa Allah akan menjaga jasad orang shaleh sehingga tidak dimakan oleh makhluk tanah.

Baca Juga:
Semoga kita semua bisa tersadar untuk segera melaksanakan keshalehan-keshalehan selama di dunia ikhlas karena Allah Ta’ala, sebelum akhirnya ajal menjemput.

Wallahu A’lam





close ini