Guru Ini Ikhlas Mengajar Anak Kelas 1 Hingga 6 Seorang Diri




Guru Ini Ikhlas Mengajar Anak Kelas 1 Hingga 6 Seorang Diri │ Dalam dunia pendidikan terutama untuk tingkat SD, idealnya satu sekolah minimal memiliki 1 orang kepala sekolah dan 6 guru pengajar. Namun bagaimana jadinya jika satu sekolah hanya memiliki satu orang guru yang mengajar dari kelas 1 hingga kelas 6?

Guru yang inspiratif tersebut bernama Hasniah, yang merupakan seorang guru sekolah swasta. Setiap hari ia harus berjuang mengajar anak-anak di SD Bina Setia Semaru yang berada di Dusun Bacang, Desa Tengue, Kecamatan Air Besar, Kabupaten Landak, Kalimantan Barat.

Guru Ini Ikhlas Mengajar Anak Kelas 1 Hingga 6 Seorang Diri

Bukan hanya sekedar mengisi setiap kelasnya sendiri, namun Hasniah berpikir keras bagaimana setiap kelas bisa mendapatkan materi pelajaran secara keseluruhan dengan waktu yang sama.

Memang sekolah tempat mengajar Hasniah memiliki tiga ruang kelas, namun hanya dua ruangan saja yang digunakan. Kelas 1 hingga 3 digabung dalam satu ruangan, sedangkan kelas 4 hingga 6 digabung dalam ruangan yang lainnya.

“Saya sudah tujuh tahun mengajar di sini. Kelas yang ada itu kelas 1 sampai kelas 6, itu saya sendiri yang mengajar semuanya. Memang sekolah ini ada tiga ruangan, tapi yang dipakai hanya dua ruangan.” Ucapnya.

Sekolah Bina Setia memang merupakan sekolah yang dibangun atas dana PNPM beserta bantuan swadaya masyarakat. Karena sebelum adanya sekolah tersebut, pengajar seperti Hasniah harus mengajar anak-anak dari rumah ke rumah dikarenakan kurangnya pembangunan sekolah di sekitar desa tersebut.

Hasniah pun berusaha memberi pelajaran dengan sebaik-baiknya agar dimengerti oleh murid-muridnya dimana ia membagi tiga papan tulis untuk mengisi materi pelajaran yang berbeda tingkatan.

“Dalam mengajar itu satu papan tulis saya bagi tiga, misalnya untuk kelas 1 sampai kelas 3. Di ruangan sebelah juga seperti itu, satu papan tulis dibagi tiga untuk kelas 4 sampai kelas 6,” tambahnya.

Keteguhan mengajar Hasniah pun diuji karena selain harus mengajar seluruh siswa di sekolah tersebut sendirian, ia juga harus mengasuh anaknya. Sehingga tak jarang selama mengajar, anaknya pun digendong oleh Hasniah.

Baca Juga:


Masya Allah, semoga perjuangan Hasniah dilihat oleh para pendidik lain yang melalaikan kewajibannya dalam mendidik para siswa. Semoga pula pemerintah bisa memberikan bantuan baik berupa kesejahteraan maupun bantuan tenaga pengajar ke sekolah tersebut. Aamiin






close ini