Saudi Jadikan Makkah Sebagai Pusat Komando Keamanan Terbesar di Timur Tengah




Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi baru-baru ini meresmikan pusat komando keamanan terbaru mereka di Makkah. Pusat komando ini disebut-sebut sebagai pusat komando terbesar dan paling canggih di seantero Timur Tengah.

Saudi Jadikan Makkah Sebagai Pusat Komando Keamanan Terbesar di Timur Tengah


Seperti dilansir dari Al Arabiya pada Minggu (15/5), pusat komando ini diresmikan langsung oleh Putra Mahkota Saudi, Muhammad Bin Naif, dan menggunakan nomor 911 sebagai nomor darurat mereka.

Sebanyak 1600 petugas terlatih dan sektor swasta diterjunkan untuk mengatur dan mengoperasikan Pusat Operasi Keamanan Nasional ini. Nomor telepon 911 akan secara bertahap menggantikan beberapa nomor keamanan di tiap sektor.

Koran the Saudi Gazette mengatakan, nomor satu tujuan itu mampu menyampaikan informasi dalam hitungan detik, seperti dikutip stasiun televisi Al Arabiya, Minggu (15/5).

Menurut laporan media setempat, Rencananya pusat komando ini kelak ke depannya akan menggantikan semua pusat komando yang ada di Saudi.

"Semua akan digabung menjadi satu, dan dioperasikan oleh 400 personel di setiap shiftnya," kata Kemdagri Saudi.

Tempat ini dipastikan menyokong pelayanan kepada seluruh kalangan masyarakat, tidak terkecuali mereka yang berkebutuhan khusus. Orang buta dan tuli juga bisa dengan mudah mendapat bantuan.

Makkah, bersama dengan Madinah sendiri merupakan kota paling sibuk di Arab Saudi. Kota yang dianggap paling suci oleh kaum muslimin ini setiap harinya didatangi oleh ribuan orang yang menunaikan ibadah Umrah, dan selalu disambangi lebih dari 5 juta orang saat ibadah Haji dilaksanakan.





loading...