Ketika Hadapi Masalah, Segera Ingat 5 Ayat Ini




Ketika Hadapi Masalah, Segera Ingat 5 Ayat Ini │ Setiap manusia akan selalu menghadapi masalah dalam hidupnya. Terkadang masalah bisa datang bertubi-tubi dan membuat kita mengalami tekanan fisik serta mental yang begitu hebat. Meskipun begitu, masalah akan pasti dialami oleh setiap manusia untuk menguatkan dirinya di kemudian hari.

Ketika Hadapi Masalah, Segera Ingat 5 Ayat Ini

Untuk menguatkan keyakinan kita dalam menghadapi suatu masalah, berikut adalah 5 ayat yang harus kita ingat dan wajib kita yakini agar masalah tersebut bisa kita hadapi dan selesaikan dengan baik.

1. Kita Bisa Berubah Jika Mau Mengubah Diri Sendiri

“Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri.” (QS Ar Rad 11)

Kita akan terus berada dalam kondisi yang lemah dalam menghadapi masalah jika kita tidak merubah diri kita sendiri untuk menjadi kuat ataupun mampu. Karena perubahan yang Allah berikan terkadang harus seiring dengan perubahan yang kita lakukan.

Kenyataannya memang kita lebih banyak menuntut dan berharap agar orang lain yang ada di luaran saja yang berubah. Sementara dirinya sendiri telah dilalaikan. Karenanya daripada menyibukkan diri untuk merubah orang lain, rubahlah dahulu diri sendiri.

2. Ada Kebaikan Dalam Sesuatu Yang Tidak Kita Sukai

“Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu. Dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui.” (QS Al Baqarah 216)

Kita pasti akan ada masa dimana mendapati suatu yang membuat kita tidak suka, benci ataupun marah. Kesedihan dan keputus asaan pun kian menambah ketidak sukaannya tersebut. Padahal bisa jadi di dalam sesuatu yang tidak kita sukai tersebut ada kebaikan yang sangat besar.

Contohnya seperti ditolak menjadi karyawan di suatu perusahaan ternama. Maka sikap kita haruslah ingat akan ayat tersebut yakni boleh jadi Allah akan memberikan yang lebih baik daripada diterima di perusahaan tersebut. Dan bisa jadi sebuah keburukan akan kita rasakan jika bekerja di perusahaan tersebut.

Dengan sikap tersebut, kita tidak akan mudah kecewa dan tetap mensyukuri apapun yang terjadi.

3. Kita Pasti Sanggup

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (QS Al Baqarah 286)

Ayat ini membantah perkataan bahwa “manusia tidak sanggup menghadapi masalah”. Karena sesungguhnya Allah Maha Tahu kemampuan setiap hambaNya. Bahkan jika kita mengatakan bahwa kita tidak sanggup, maka berarti telah mendahului Allah dan bisa jadi itu karena kita malas, manja ataupun cengeng dalam menghadapi suatu masalah.

Yakinlah bahwa Allah telah menyanggupkan diri kita untuk menghadapi masalah tersebut dan segera kalahkan pemikiran negatif yang melemahkan kemampuan kita.

4. Ada Kemudahan Dalam Kesulitan

“Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Al Insyirah 5-6)

Jika menemui masalah, sudah menjadi tabiat manusia untuk langsung menyerah dan berhenti. Ia pun akan berharap akan ada orang lain yang membantunya atau seringkali menghindari masalah tersebut.

Padahal sesungguhnya akan ada kemudahan dalam setiap kesulitan. Jika kita menghindarinya, justru tidak akan ada kemudahan. Dan apabila masalah tersebut diserahkan kepada orang lain, maka orang lainlah yang akan mendapatkan kemudahan berupa keterampilan, keilmuan dan pengalaman.

5. Takwa Dan Tawakal = Jalan Keluar

“Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka. Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya. Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendakNya. Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya.” (QS Ath Thalaq 2-3)

Ingatlah kedua akhlak ini dan laksanakanlah setiap harinya karena ketika terjadi suatu masalah, maka Allah pun akan memberinya jalan keluar, bahkan memberinya rezeki yang tidak disangka-sangka.

Baca Juga:


Itulah 5 ayat yang harus segera kita ingat ketika menghadapi suatu masalah. Namun bukan hanya diingat saja, melainkan harus menjadi penyadar bahwa kita hanyalah hamba yang harus beribadah dan bertawakal kepadaNya.

Wallahu A’lam




loading...