Istri Ikut Bekerja, Keuangan Keluarga Tetap Kurang. Mengapa?




Istri Ikut Bekerja, Keuangan Keluarga Tetap Kurang. Mengapa? │ Sudah bukan hal yang aneh jika seorang istri bekerja di luaran dengan tujuan untuk membantu memenuhi kebutuhan rumah tangga ataupun memang memiliki niat untuk berkarir. Namun banyak kisah yang menyatakan bahwa meski kedua pasangan sama-sama bekerja, kehidupan rumah tangga seakan serba kekurangan dan terkadang justru banyak hutang. Mengapa?

Besar kemungkinan bahwa rumah tangga tersebut kehilangan keberkahan dimana hak anggota keluarga telah terabaikan. Hal ini telah dirasakan oleh wanita yang tidak bekerja dimana mereka merasa bahwa meski suaminya yang bekerja, namun merasa tercukupi.

Istri Ikut Bekerja, Keuangan Keluarga Tetap Kurang. Mengapa?

Apa saja hak keluarga yang terabaikan dalam rumah tangga tersebut?

1. Memaksa Istri Bekerja

Jika seorang suami memaksa istrinya untuk bekerja, meski ia tidak mau, maka seorang suami telah mengabaikan hak istrinya. Karenanya utarakan dengan jujur apakah ia ikhlas membantu suaminya untuk bekerja? Jika pun tidak ikhlas, sebaiknya bicarakan untuk berhenti kerja dengan kesepakatan keduanya agar rumah tangga bisa lebih berkah.

Jika terus dibiarkan, bukan hanya keuangan yang terus kurang, namun keharmonisan pun bisa hilang karena sama-sama lelah di luaran.

2. Keinginan Berkarir Yang Melalaikan Rumah Tangga

Jika pun seorang istri ingin berkarir dan telah meminta izin suami, namun dalam prakteknya mengabaikan hak suami dan anak, maka itulah yang menjadikan ketidakberkahan dalam rumah tangga.

Bukankah pertanggung jawaban setiap manusia akan ditanya pada hari kiamat? Bagaimana seorang istri bisa selamat jika hak suami dan anak terabaikan?

Bekerja diperbolehkan sepanjang tidak mengabaikan hak dari suami ataupun anak-anak.

3. Meningkatnya Gaya Hidup

Sudah sifat manusia jika diberi lebih maka gaya hidup pun akan ikut bertambah. Tak heran jika ketika serba kekurangan, suami istri akan hemat dan ketika bertambah penghasilannya, maka sejumlah keinginan pun mulai bermunculan.

Jadi meski seberapa besar pun penghasilan dari suami istri, tetap akan kekurangan jika menerapkan gaya hidup tersebut.

4. Riba Yang Menjebak

Salah satu yang menghilangkan keberkahan rumah tangga adalah riba. Riba memang sangat jelas-jelas diharamkan dalam agama islam. Karenanya cek apakah hutang yang ada dalam rumah tangga mengandung riba ataukah tidak? Setelah itu mintalah kepada Allah agar diberi jalan untuk melunasi sehingga riba pun sirna.

Baca Juga:


Itulah beberapa alasan mengapa ketika seorang istri ikut bekerja, keuangan rumah tangga tetap kurang. Segeralah intropeksi dan cari jalan keluar bersama serta yakinlah bahwa Allah telah mencukupi setiap kebutuhan sebuah rumah tangga yang dilandasi dengan ketakwaan.

Wallahu A’lam




loading...

close ini