Inilah Fakta Tentang Ucapan 'Alhamdulillah'




Banyak yang tidak mengetahui fakta tentang ucapan ‘Alhamdulillah’. Padahal ucapan ini memiliki kekuatan yang sangat besar. Tak heran jika Rasulullah menganjurkannya untuk dibaca setiap hari, terutama setelah melaksanakan shalat.

Ucapan ‘Alhamdulillah’ merupakan ucapan yang sangat ringan, meski bukan sembarang kalimat. Dalam Al Qur’an pun telah diajarkan bagaimana ucapan ini digunakan ketika memperoleh nikmat yang tak hanya berupa materi, namun juga berupa kebahagiaan.

Inilah Fakta Tentang Ucapan 'Alhamdulillah'

Fakta tentang ucapan ‘Alhamdulillah’

1. Ucapan ‘Alhamdulillah’ merupakan dzikir yang wajib bagi seluruh umat Islam sebagai bentuk mensyukuri nikmat setiap harinya. Selain itu ucapan ini pun wajib dibaca karena menjadi salah satu awal ayat surat Al Fatihah. Karena tidak sah suatu sholat jika tidak membaca Al Fatihah.

2. Ucapan ‘Alhamdulillah’ merupakan anjuran sekaligus perintah dari para Nabi. Hal ini tercantum dalam beberapa ayat Al Qur’an seperti ketika Nabi Nuh selamat dari badai banjir.

“Dan apabila engkau dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas kapal, maka ucapkanlah, “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang dzalim.” (QS Al Mukminun 28)

Nabi Ibrahim pun mengucap ‘Alhamdulillah’ ketika dikaruniai anak.

“Segala puji bagi Allah yang telah menganugerahkan kepadaku di hari tua (ku) Ismail dan Ishaq. Sungguh, Tuhanku benar-benar Maha Mendengar (memperkenankan) doa.” (QS Ibrahim 39)

Ketika Nabi Sulaiman dan Nabi Daud diberi ilmu pun, keduanya tak henti mengucap ‘Alhamdulillah’.

“Dan sungguh, Kami telah memberikan ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya berkata, “Segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari banyak hamba-hambaNya yang beriman.” (QS An Naml 15)

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam juga memberi perintah kepada umatnya agar senantiasa mengucapkan ‘Alhamdulillah’ dalam berbagai hal seperti,

Saat Menyampaikan Keesaan Allah

Dan katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak (pula) mempunyai sekutu dalam kerajaanNya dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan dan agungkanlah Dia seagung-agungnya.” (QS Al Isra 111)

Ketika Menyapa Hamba Allah Yang Terpilih Sekaligus Menafikan Kesyirikan

Katakanlah (Muhammad), “Segala puji bagi Allah dan salah sejahtera atas hamba-hambaNya yang dipilihNya. Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apa yang mereka persekutukan (dengan Dia)?” (QS An Naml 59)

Ucapan ‘Alhamdulillah’ Disematkan Saat Membicarakan Keagungan Allah

Dan jika kamu bertanya kepada mereka, “Siapakah yang menurunkan air dari langit lalu dengan (air) itu dihidupkannya bumi yang sudah mati?” Pasti mereka akan menjawab, “Allah”. Katakanlah, “Segala puji bagi Allah,” tetapi kebanyakan mereka tidak mengerti.” (QS Al Ankabut 63)

Fakta tentang ucapan ‘Alhamdulilah’ tak hanya digunakan di dunia, namun juga diucapkan di akhirat.

Saat Berada Di Depan Pintu Surga

Mereka berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menunjukkan kami ke (surga) ini. Kami tidak akan mendapat petunjuk sekiranya Allah tidak menunjukkan kami.’ (QS A’raf 43)

“Dan kami berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah memenuhi janjiNya kepada kami dan telah memberikan tempat ini kepada kami sedang kami (diperkenankan) menempati surga di mana saja yang kami kehendaki.” Maka (surga itulah) sebaik-baik balasan bagi orang-orang yang beramal. Dan engkau (Muhammad) akan melihat malaikat-malaikat melingkar di sekeliling Arsy, bertasbih sambil memuji Tuhannya; lalu diberikan keputusan diantara mereka (hamba-hamba Allah) secara adil dan dikatakan, “Segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.” (QS Az Zumar 74-75)

Ucapan ‘Alhamdulillah’ Juga Menjadi Penutup Doa Para Ahli Surga.

Dan penutup doa mereka ialah, “Al hamdu lillahi rabbil ‘alamin” (QS Yunus 10)

Baca Juga:


Demikian fakta tentang ucapan ‘Alhamdulillah’. Semoga kita semua bisa mengucapkan dzikir tersebut setiap hari dan setiap saat hingga Allah memasukkan kita semua dalam surgaNya. Aamiin