Inilah Alasan Medis Mengapa Shalat Harus Tumaninah




Inilah Alasan Medis Mengapa Shalat Harus Tumaninah │ Salah satu rukun shalat yang sebagian besar dilalaikan umat islam adalah tumaninah atau ketenangan dalam melaksanakan setiap gerakan shalat. Terburu-buru juga membuat shalat menjadi tidak bermakna dan Rasulullah sendiri pernah menyuruh seseorang yang terburu-buru dalam shalat untuk mengulangi shalatnya kembali.

Dalam riwayat tersebut dijelaskan bahwa ketika seseorang melaksanakan shalat, Rasulullah menyuruhnya untuk mengulangi lagi. Namun ketika selesai diulangi, Rasulullah masih menyuruhnya untuk kembali mengulangi hingga ketiga kalinya. Ternyata perintah Rasulullah itu dikarenakan orang tersebut tidak tumaninah dalam shalat. Itu artinya ia telah melanggar rukun shalat.

Inilah Alasan Medis Mengapa Shalat Harus Tumaninah

Namun tahukah bahwa tumaninah dalam shalat juga berpengaruh secara medis bagi kesehatan tubuh?

Para ahli kedokteran telah melakukan beberapa pengujian berkaitan tentang manfaat tumaninah dan bahaya tergesa-gesa dalam melakukan shalat, yakni:

1. Gerakan shalat yang tergesa-gesa akan mengagetkan jaringan otot atau membuat shock otot yang tengah digunakan.

2. Gerakan shalat yang tergesa-gesa akan membuat aliran darah menjadi cepat dari jantung menuju otak atau sebaliknya. Hal ini tentunya buruk bagi penderita jantung ataupun hipertensi sehingga sangat berbahaya jika dilakukan.

3. Tergesa-gesa ketika rukuk dan sujud akan menyebabkan persendian menjadi terkilir atau terluka. Sementara kepala yang digerakkan dengan cepat ketika sujud atau bangun dari sujud akan membuat kaget jaringan dalam otak.

4. Shalat yang cepat atau tidak tumaninah akan berpengaruh pada pencernaan. Terlebih lagi jika sebelumnya kita makan dahulu. Dengan demikian maka makanan tidak dapat dicerna dengan baik.

5. Rukuk dan sujud yang tidak dilakukan dengan tumaninah akan menyebabkan rasa nyeri pada beberapa daerah tulang seperti tulang punggung dan juga tulang panggul.

6. Shalat yang tidak dilakukan dengan tumaninah juga mampu merobek jaringan otot ataupun melukai pembuluh darah.

Karenanya lakukanlah shalat dengan tumaninah karena selain merupakan rukun dalam shalat, tumaninah juga memiliki dampak yang sangat besar dari segi medis.

Baca Juga:


Semoga kita semua berusaha sekuat tenaga untuk melaksanakan semua rukun shalat dengan sempurna dan penuh kekhusyukan. Wallahu A’lam





loading...