Dari 7 Macam Persahabatan Dalam Islam Ini, Hanya Satu Yang Abadi




Dari 7 Macam Persahabatan Dalam Islam Ini, Hanya Satu Yang Abadi │ Memiliki teman memang menjadi seuatu kebutuhan bagi manusia sebagai makhluk sosial. Bahkan Rasulullah telah mencontohkan bagaimana seharusnya memilih teman menurut agama islam. Memang teman tak hanya bisa saling mendukung dalam perkara dunia saja, namun juga bisa menjadi penyemangat untuk meraih keuntungan akhirat.

Dari 7 Macam Persahabatan Dalam Islam Ini, Hanya Satu Yang Abadi

Menurut agama islam, sebenarnya pertemanan seorang manusia terbagi menjadi 7 macam pertemanan. Setiap jenisnya pun berbeda-beda tergantung dari kondisi maupun tujuan dari pertemanan tersebut. Apa saja jenis pertemanan dalam islam tersebut?

1. Ta’arufan

Jenis pertemanan ini merupakan hubungan komunikasi yang terjalin karena berkenalan di suatu tempat secara kebetulan. Contohnya seperti bertemu di halte, kereta api ataupun tempat yang menjadi sarana umum.

2. Taariihan

Pertemanan juga sering terjadi karena memiliki faktor sejarah yang sama. Contohnya seperti teman satu almamater, satu kampung ataupun yang lainnya.

3. Ahammiyyatan

Pertemanan jenis ini dilatar belakangi karena ada tujuan tertentu yang ingin dicapai, seperti pertemanan dalam bisnis, politik dan juga hal yang bersifat memiliki tujuan bagi dirinya.

4. Faarihan

Jenis pertemanan ini biasanya dilatar belakangi karena memiliki kesukaan atau hobi yang sama. Contohnya sangat banyak seperti teman dalam futsal, memancing dan olahraga lainnya.

5. Amalan

Pertemanan ini didasari karena satu profesi atau satu pekerjaan. Contohnya seperti sama-sama menjadi guru, dokter atau yang lainnya.

6. Aduwwan

Pertemanan ini sebenarnya merupakan musuh, namun sikapnya di depan seakan baik. Padahal ketika berada di belakang, ia penuh dengan kebencian dan senang dengan kehancuran diri kita. Hal ini telah dijelaskan oleh Allah dalam firmanNya.

“Bila kamu memperoleh nikmat, ia benci. Bila kamu tertimpa musibah, ia senang…” (QS Ali Imran 120)

Rasulullah juga mengajarkan doa terhadap pertemanan jenis ini yang artinya:

“Ya Allah selamatkanlah hamba dari sahabat yang bila melihat kebaikanku ia sembunyi tetapi bila melihat keburukanku ia sebarkan.”

7. Hubban limaanan

Inilah persahabatan atau pertemanan yang sesungguhnya. Sebuah pertemanan yang lahir karena saling berkasih sayang karena Allah semata. Sebuah pertemanan yang akan saling tolong menolong dalam kebaikan dan menutupi aib temannya. Bahkan pertemanan jenis ini akan saling mendoakan dalam setiap shalat mereka.

Dari 7 macam pertemanan tersebut hanya satu yang akan kekal dan terus bisa terjalin hingga akhirat nanti. Itulah pertemanan yang dilandasi karena Allah semata.

“Teman-teman akrab pada hati itu (kiamat) menjadi musuh bagi yang lain kecuali persahabatan karena ketakwaan.” (QS 43:67)

Baca Juga:


Semoga kita semua bisa memiliki teman yang benar-benar ikhlas karena Allah dan bukan karena niatan lain ataupun sekedar karena satu profesi semata.

Wallahu A’lam




loading...