Begini Cara Melepaskan Ikatan Setan Saat Tidur




Begini Cara Melepaskan Ikatan Setan Saat Tidur │ Tidur bagi manusia merupakan hal yang dibutuhkan untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian beraktivitas. Tidur juga menjadi sunah yang Rasul anjurkan, tentunya dengan memenuhi beberapa syariat sebelumnya sehingga tidak asal tidur.

Namun ketika dalam keadaan tidur, setan bisa menjerat manusia dengan 3 ikatan dimana dampaknya membuat jiwa manusia enggan atau malas untuk bangun dan melakukan ibadah seperti shalat tahajud ataupun shalat subuh. Akhirnya ia pun akan lalai dan tidak mendapatkan kebaikan apapun di pagi hari.

Begini Cara Melepaskan Ikatan Setan Saat Tidur

Karena buruknya ikatan setan tersebut, maka sudah seharusnya untuk kita berusaha mencari cara melepaskan ikatan setan sehingga di pagi hari kita akan lebih semangat untuk beramal. Ada 3 jenis ikatan setan yang harus kita waspada dan berikut adalah penjelasan 3 ikatan setan saat tidur tersebut.

Ketika tidur, setan akan mengikat manusia dengan 3 ikatan yang masing-masing akan mengatakan, “Tidurlah, malam masih panjang.” Jika manusia mengikuti bisikan tersebut dan melalaikan kewajiban seperti sholat subuh, maka setan akan tertawa karena berhasil melalaikan manusia.

Setan juga mengutus anak buahnya untuk mengelilingi barat dan timur dengan tujuan untuk membisikkan manusia yang tengah tertidur dengan ucapan tersebut. Sungguh sebuah kerugian yang amat sangat jika semua mengikuti bisikan setan tersebut waktu tidur.

Bagaimanakah Cara Melepaskan Ikatan Setan Saat Tidur?

Rasulullah telah mengajarkan kepada kita semua selaku muslim bagaimana seharusnya melepaskan ikatan buruk tersebut lewat hadistnya.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan, “Malam masih panjang, tidurlah!” Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Kemudian jika dia berwudhu, lepas lagi satu ikatan berikutnya. Kemudian jika ia mengerjakan shalat, lepaslah satu ikatan terakhir. Di pagi hari ia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas.” (HR Bukhari)

1. Bangun Dan Berdoa

Bahaya tidur pagi bagi kesehatan sangatlah besar sehingga sekuat tenaga kita harus bisa bangun dari tidur tersebut dan memperkuat niat untuk bangun. Ketika bangun dari tidur, Rasulullah dalam hadist Bukhari menganjurkan umat islam untuk membaca doa berikut agar tidak kembali tidur.

ALHAMDULILLAHIL LADZI AHYAANAA BA’DA MAA AMAATANAA WA ILAIHIN NUSYUUR

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkan (membangunkan) kami setelah kematian(menidurkan) kami dan kepadaNyalah kami dibangkitkan.

2. Berwudhu

Dengan wudhu, wajah dan bagian tubuh akan terbasahi dan tercipta rasa segar sehingga enggan untuk tidur kembali. Memang banyak orang yang bangun saat subuh atau fajar, akan tetapi kebanyakan dari mereka hanya buang air kecil dan tidur kembali. Sikap seperti itu merupakan ciri bahwa ikatan setan belum lepas sepenuhnya.

Maka berwudhulah agar ikatan setan yang kedua bisa lepas sempurna.

3. Melakukan Shalat Malam

Jika bangun dan wudhu telah dilaksanakan, selanjutnya cara untuk melepaskan ikatan terakhir adalah dengan melakukan shalat malam. Shalat ini bisa dilakukan dua rakaat atau lebih. Ketika melaksanakannya, maka hilanglah ikatan setan dengan sempurna dan jiwa manusia akan bersemangat di pagi hari, baik dalam beribadah maupun dalam kegiatan lainnya.

Baca Juga:


Demikian cara melepaskan ikatan setan saat tidur yang harus dilakukan jika ingin pagi hari bisa bersemangat. Selain itu kita pun dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa sebelum tidur agar Allah melindungi dan mengingatkan saat pagi hari.

Wallahu A’lam





close ini