Dari Berbagai Macam Masjid, Masuklah Ke Masjid Satu Ini Agar Hidupmu Senantiasa Diberkahi




Dari Berbagai Macam Masjid, Masuklah Ke Masjid Satu Ini Agar Hidupmu Senantiasa Diberkahi

Dari Berbagai Macam Masjid, Masuklah Ke Masjid Satu Ini Agar Hidupmu Senantiasa Diberkahi

Ketika Rasulullah sampai di Kota Madinah, beliau langsung membangun sebuah masjid yang dijadikan sebagai pusat kekuatan umat Islam. Tak hanya sekedar menjadi tempat untuk melaksanakan shalat berjamaah, melainkan juga diisi dengan berbagai kajian agama yang bermanfaat untuk kehidupan di dunia dan di akhirat

Namun kini fungsi masjid seakan mengalami pergeseran ke arah yang tidak jelas. Bukannya menjadi baik, justru masjid seakan kehilangan jati dirinya. Sebuah pergeseran yang telah jauh berbeda dari awal didirikannya dahulu.

Kini masjid-masjid dibuat dengan tujuan untuk memecah belah umat Islam dan dibiayai oleh mereka yang sebenarnya membenci Islam sehingga akan kurang keberkahannya jika melaksanakan shalat di masjid tersebut. Itulah masjid dhirar yang dahulu pernah didirikan oleh kaum munafik untuk menggalang kekuatan lawan, bukan menggalang kekuatan umat Islam. Masjid seperti ini didirikan dengan maksud ingin mengobarkan permusuhan dan saling salah menyalahkan antara sesama muslim dan terkadang berani memvonis saudara seimannya dengan perkataan yang sebenarnya masih belum jelas.

Masjid seperti inilah yang didalamnya tak pernah ada kata kebaikan. Yang ada hanyalah pembicaraan yang terdengar manis, namun isinya justru menghancurkan kekuatan Islam, baik di mata umat Islam sendiri ataupun di mata kaum musuh yang sebenarnya sehingga muslim yang masuk ke masjid tersebut seakan tidak merasakan adanya persatuan dan kuranglah rasa keberkahannya.

Selain masjid dhirar, terdapat juga masjid hiasan (zin4h). Masjid ini bukanlah seperti kata “zin4h” yang biasa dikenakan pada perbuatan asusila dan merampas kehormatan, akan tetapi arti sebenarnya dari kata tersebut yaitu “Perhiasan”.

Dengan kata lain, masjid ini hanya dibangun hanya untuk hiasan, wisata dan sedikit sekali mengingat Allah di dalamnya. Dalam perkembangannya, masjid ini hanya terus mengalami perombakan dalam segi tata desain, hiasan kaligrafi dan dimegah-megahkan.

Umat Islam yang datang ke masjid tersebut bukanlah berniat untuk beribadah, akan tetapi hanya untuk mengabadikan bangunan dengan alasan pamer ataupun sekedar selfie di depan masjid yang dikatakan sebagai masjid yang termegah. Dengan kata lain masjid tersebut sangat sedikit diisi dengan amalan shaleh dan akan terasa kurang keberkahannya.

Namun bagi umat Islam yang benar-benar ingin mencari masjid dengan fungsi yang sesungguhnya, masih ada masjid yang diberkahi. Yaitu masjid yang dipenuhi dengan ibadah dan berbagai kegiatan dalam rangka memakmurkannya setiap saat. Masjid seperti inilah yang telah Allah sebutkan dalam Al Quran.

“Bertasbih kepada Allah di masjid-masjid yang telah diperintahkan untuk dimuliakan dan disebut namaNya di dalamnya, pada waktu pagi dan waktu petang.”

Masjid seperti inilah yang didalamnya dipenuhi dengan amalan fardhu dan berbagai amalan sunnah yang seakan tiada henti mulai dari kajian agama, murattal Quran dan berbagai aktivitas pendidikan untuk mencerdaskan generasi umat Islam.

Kini tinggal Anda lihat di lingkungan yang Anda tempati, termasuk manakah masjid tersebut? Jangan sampai masjid itu merupakan masjid yang dijelaskan dalam poin pertama dan kedua karena kurang akan keberkahannya

Baca Juga:


Semoga masjid-masjid yang ada dalam lingkungan kita merupakan masjid yang ketiga, yaitu masjid yang diisi dengan mengingat Allah lewat ibadah dan kajian yang meningkatkan keimanan serta ketakwaan.

Wallahu A’lam





loading...