Inilah Manfaat Gerakan Sholat Yang Tak Pernah Kita Sadari




Inilah Manfaat Gerakan Sholat Yang Tak Pernah Kita Sadari │ Bagi seorang muslim, mengerjakan sholat merupakan ibadah yang paling utama setelah bersyahadat. Karena sholat akan menjadi penentu diterima atau tidaknya seluruh amal baik seorang manusia. Jika shalatnya baik, maka baik pula seluruh amalannya dan jika shalat itu buruk, maka buruk pula seluruh amalannya.

Banyak kita lihat atau kita sendiri yang mengalami dimana shalat hanya menjadi sebuah rutinitas yang tidak bermakna. Bahkan ada juga yang menganggap bahwa shalat merupakan ibadah yang tidak bermanfaat untuk kepentingan duniawi. Padahal dalam setiap gerakan sholat terkandung berbagai manfaat yang sangat baik bagi tubuh. Bisa dikatakan bahwa khasiat gerakan shalat bisa melebihi gerakan yoga yang kini banyak digemari oleh masyarakat.

Inilah Manfaat Gerakan Sholat Yang Tak Pernah Kita Sadari

Akan tetapi memang kekurang tahuan masyarakat serta ketidak inginan mencari informasi yang berkaitan dengan manfaat shalat menjadi penyebabnya. Karena itulah kami informasikan beberapa manfaat gerakan sholat yang mudah-mudahan menjadikan kita tersadar untuk lebih khusyuk dan lebih sempurna dalam melakukan setiap gerakannya.

Berikut adalah berbagai manfaat berbagai gerakan shalat yang wajib kita ketahui.

1. Takbiratul Ihram

Gerakan di awal shalat ini merupakan gerakan dimana kita mengangkat kedua tangan hingga sejajar dengan telinga. Setelah itu melipatnya ke depan daerah perut ataupun dada sedikit ke bawah.

Manfaat gerakan sholat bagi kesehatan tubuh ini mampu melancarkan aliran darah yang tersumbat. Selain itu getah bening pun akan mengalir dengan lancar dan membantu menguatkan otot lengan. Posisi ini juga membuat jantung berada di bawah otak sehingga aliran darah segar dari jantung akan menyebar ke seluruh tubuh.

Coba rasakan ketika kedua tangan diangkat, maka otot bahu akan meregang dan aliran darah yang kaya akan oksigen bisa menyebar. Dan ketika bersedekap pun membuat kita terhindar dari gangguan persendian, terutama pada tubuh bagian atas.

2. Rukuk

Dalam gerakan rukuk yang sempurna, tulang belakang akan lurus sehingga ketika disimpan gelas yang berisi air pun tidak akan tumpah. Sementara posisi kepala juga lurus dengan tulang belakang.

Kegunaan dari gerakan sholat ini adalah menjaga kesempurnaan posisi tulang belakang yang menjadi pusat dari segala syaraf yang ada dalam tubuh. Ketika rukuk, posisi jantung sejajar dengan otak yang membuat aliran darah akan menyebar di tubuh bagian tengah. Dengan rukuk pula akan melatih kantung kemih untuk terhindar dari bahaya prostat.

3. I’tidal

I’tidal merupakan gerakan bangun dari rukuk yang ditandai lurusnya setiap tulang dan kembali ke posisi awal yang disertai mengangkat kedua tangan.

Manfaat gerakan rukuk kemudian i’tidal akan melatih sistem pencernaan dimana terjadi proses pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Dengan begitu, percernaan akan lancar.

4. Sujud

Gerakan ini ditandai dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki dan daerah wajah seperti dahi dan hidung pada lantai. Gerakan ini juga menyerupai sikap menungging.

Manfaat yang bisa didapat secara kesehatan adalah ketiak dan leher akan mendapatkan asupan getah bening. Selain itu aliran darah juga akan maksimal menuju otak dikarenakan posisi jantung yang lebih atas daripada otak.

Dari hasil penelitian, didapat bahwa gerakan ini mampu berpengaruh pada kecerdasan seseorang sehingga sangat dianjurkan untuk tumaninah dalam posisi sujud. Tak hanya itu saja karena posisi sujud mampu menjaga seseorang dari penyakit wasir.

Bagi wanita, gerakan ini juga akan bermanfaat untuk menjaga organ int1m wanita juga.

5. Duduk Iftirosy Dan Tawarruk

Setelah melakukan sujud, maka seseorang akan duduk infirosy dimana tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung ke syaraf nervus Ischiadius. Manfaatnya adalah menghindarkan rasa nyeri pada pangkal paha yang menjadi penyebab seseorang mengalami kelumpuhan.

Kemudian di akhir shalat, seseorang akan duduk dengan posisi tawarruk yaitu posisi yang menekan daerah tumit sehingga mampu menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan juga saluran vas deferens. Melakukan posisi ini dengan benar akan menjadikan seorang pria terhindar dari penyakit impotensi. Selain itu mampu menjadikan setiap sendi menjadi lentur dan kuat.

6. Salam

Gerakan ini diawali dengan memutar kepala ke sebelah kanan kemudian kembali lagi dan memutar ke sebelah kiri dimana pemutaran dilakukan secara maksimal.

Kegunaan atau manfaat yang bisa dirasakan adalah otot di sekitar leher akan menjadi lebih rileks sekaligus menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan ini juga membuat kulit menjadi kencang dan terhindar dari sakit kepala.

Itulah manfaat gerakan sholat yang tanpa sadar telah kita rasakan dalam tubuh. Dengan mengetahui secara jelas akan membuat kita bear-benar memperhatikan setiap gerakan shalat dan mampu untuk lebih tumaninah dalam mengerjakannya.

Wallahu A’lam





loading...

close ini