Ternyata 3 Hal Inilah Yang Sebenarnya Dibutuhkan Oleh Hati




KabarMakkah.Com – Hati menjadi salah satu bagian dari tubuh yang tidak bisa dipisahkan. Hanya dengan hatilah segala kondisi bisa dirasakan, apakah itu sebuah kesenangan, kesusahan ataupun rasa sakit. Semua itu hanya bisa dirasakan pertama kali oleh hati dan diteruskan memenuhi fisik maupun mental kita.

Hati memiliki posisi yang sama dengan nafsu dimana keduanya mempunyai keinginan yang harus segera dipenuhi. Namun kadang nafsu lebih banyak menjurus kepada keburukan dan lebih melenakan dibandingkan dengan kebaikan. Tak jarang kita akhirnya lebih banyak mendukung keinginan nafsu daripada kebutuhan hati.

Ternyata 3 Hal Inilah Yang Sebenarnya Dibutuhkan Oleh Hati

Seharusnya hati pun mendapatkan porsi yang sama bahkan lebih dibandingkan dengan nafsu. Karena ketika hati telah bersih, maka sebuah jalan kebenaran akan membentang lurus di hadapan menuju keselamatan kita nantinya.

Lantas, apa sebenarnya yang dibutuhkan oleh hati?

1. Hati membutuhkan sesuatu yang dapat menjaga kekuatannya. Mereka diantaranya adalah iman, amal shaleh dan berbagai macam ketaatan tulus ikhlas karena Allah semata.

2. Hati mesti terlindungi dari berbagai macam hal yang berbahaya. Mereka diantaranya adalah kemaksiatan dan berbagai macam penyimpangan agama yang menjadikan seseorang tersesat karenanya.

3. Hati perlu juga dikosongkan dengan segala hal yang memunculkan berbagai penyakit. Caranya adalah dengan berobat dan beristighfar.

Ketiganya merupakan sebuah komposisi yang harus ada dalam setiap hati manusia karena sekali saja tidak dipenuhi, maka akibatnya akan langsung berdampak pada kehidupan yang kita jalani.

Ingatlah bahwa tubuh kita memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya sehingga jika salah satu merasa sakit, maka tubuh yang lain pun akan merasakan pula.

Jadi isilah hati dengan berbagai kebutuhan tersebut agar hati bisa menundukkan nafsu.

Wallahu A’lam






close ini