Masyaallah, Posisi Tidur Pun Ada Yang Dimurkai Oleh Allah




KabarMakkah.Com – Tidur merupakan fitrah hidup manusia yang menginginkan tubuhnya untuk istirahat setelah melakukan aktivitas seharian. Pada umumnya tubuh akan kembali bersemangat setelah melakukan aktivitas ini di malam hari. Akan tetapi tahukah bahwa tidur memiliki adab atau tata cara?

Rasulullah telah memberitahukan kepada umatnya untuk menghadapkan tubuhnya ke sebelah kanan ketika hendak tidur. Selain sunah, posisi ini juga sangat baik dalam bidang medis.

Masyaallah, Posisi Tidur Pun Ada Yang Dimurkai Oleh Allah

Jika posisi tidur menghadap ke kanan merupakan sunah Rasulullah, lalu apakah ada posisi tidur yang dimurkai oleh Allah?

Ternyata Rasulullah telah menjelaskan bahwa ada posisi tidur yang dimurkai oleh Allah dan posisi tersebut juga menjadi ciri para penghuni neraka. Posisi tersebut tak lain adalah posisi tengkurap.

Dalam sebuah riwayat, Rasulullah mendatangi masjid Nabawi dan di dalamnya ia melihat seseorang yang sedang tidur dengan posisi tengkurap kemudian Rasul pun membangunkan serta memperingatkannya.

Secara lengkap hadist dari Thakhfah al Ghifari tersebut yaitu, seseorang yang tinggal di masjid Nabawi berkata, “Aku tidur di masjid pada akhir malam, kemudian ada orang yang mendatangiku sedangkan aku tidur dengan posisi telungkup. Lalu beliau berkata, “Bangunlah dari tengkurapmu, karena tidur yang demikian adalah tidurnya orang-orang yang dimurkai Allah.” Kemudian aku angkat kepalaku, maka ketika kulihat ia adalah Rasulullah, maka aku pun kemudian bangkit.” (HR Bukhari)

Sementara hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah mengatakan bahwa Rasulullah menyebut posisi tengkurap adalah posisi tidur para penghuni neraka.

“Tidur tengkurap adalah posisi tidurnya penghuni neraka.” (HR Ibnu Majah)

Ketahuilah bahwa sesungguhnya dibalik larangan yang Allah dan Rasulnya tersebut, ada bahaya medis yang mengancam. Posisi tengkurap sangat berbahaya bagi tubuh sehingga Allah melarang keras posisi tersebut.

Setelah dikaji secara ilmiah, diketahui bahwa posisi tidur tengkurap dapat mengganggu pernapasan. Ini dikarenakan otot dada dan organ pernapasan lainnya terhimpit sehingga tidak bisa bekerja secara maksimal. Jika terus dibiarkan, maka dada akan tertekan dan membuat sesak.

Posisi ini juga sangat berbahaya bagi jantung dan otak. Otak akan kehilangan suplai darah karena terhimpitnya jantung.

Jadi masih suka tidur dengan posisi tengkurap? Sesungguhnya dibalik larangan yang Allah buat, ada sebuah kebaikan bagi hamba-hambaNya. Jadi laksanakanlah segala anjuranNya lewat contoh Rasulullah.