Suka Berprasangka Buruk? Ini Bahaya Yang Akan Mengancam Jiwa dan Tubuhmu!




KabarMakkah.Com - Masih suka berprasangka buruk terhadap orang lain? Segeralah berhenti dari sifat ini, karena sesungguhnya ada bahaya yang mengintai jika kita membiarkan sifat ini tumbuh subur menjalar kemana-mana. Untuk itu segera ketahui 5 diantara bahaya dari perilaku tersebut.

Masih suka berprasangka buruk


1. Mengganggu Jiwa Dan Kesehatan Mental

Suka Berprasangka Buruk? Ini Bahaya Yang Akan Mengancam Jiwamu!


Prasangka buruk terhadap orang lain sesungguhnya mengganggu jiwa dan kesehatan mental sendiri. Pikirannya akan dipenuhi oleh segala sesuatu hal yang negatif. Hidupnya tidak akan tenang, karena ia akan selalu mencari kesalahan orang lain.

2. Merusak Diri

Suka Berprasangka


Selalu berprasangka buruk terhadap orang lain, membuat kita selalu memikirkan kesalahan-kesalahan orang tersebut. Padahal orang yang ia pikirkan mungkin saja sedang tenang-tenang di rumahnya. Sedangkan kita telah menghabiskan waktu tenaga dan pikiran untuk memikirkannya. Bahkan mungkin kita sampai tak bisa tidur karena buruk sangka ini.

Jika terus menerus berlanjut, maka diri kitalah yang akan rusak. Fisik kita akan lemah karena kurangnya istirahat, jiwa kita akan resah karena suka berprasangka yang bukan-bukan. Bahkan benih-benih dendam bisa timbul dan bercokol dalam hati hingga memperparah kondisi kita.

3. Membuat Tidak Produktif

Tidak Produktif



Sekali lagi disebutkan bahwa buruk sangka akan membuat kita sibuk dengan hal-hal negatif. Padahal begitu banyak hal-hal positif yang bisa kita pikirkan dan kita tuangkan menjadi karya yang bermanfaat, baik bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Jadi dengan kata lain, buruk sangka membuat kita tidak lagi produktif. Sungguh kerugian besar jika kita memelihara sifat ini dalam diri.

4. Sulit Bahagia

Sulit Bahagia


Jika ada orang yang memberi kita sesuatu entah itu berupa barang atau pun berupa nasihat namun kita berburuk sangka akan orang tersebut, maka kita tidak akan pernah mensyukuri dan tidak merasa bahagia akan pemberian itu. Padahal niat orang yang memberi adalah ikhlas karena Allah dan karena ia menyayangi kita.

Kita justru menularkan perasaan buruk sangka kita terhadap orang lain, yang akhirnya membuat dengki dan iri hati semakin merajalela. Jika demikian adanya, yakinlah bahwa kebahagiaan hidup yang didambakan akan sulit datang pada diri kita. Yang ada hanyalah duka dan nestafa yang tak pernah kunjung habis.

5. Membuat Sakit

Bahaya Yang Akan Mengancam Jiwamu!


Terganggunya fisik dan mental akibat prasangka buruk, pada akhirnya akan membuat kita sakit. Ingatlah bahwa tubuh akan merespon pikiran negatif yang menumpuk di otak. Bahkan sebuah studi di Amerika Serikat mengungkap bahwa orang-orang yang terus-terusan memfokuskan pikirannya pada masa lalu yang menyedihkan, sistem kekebalan tubuhnya menjadi melemah. Dengan kata lain, jika ada virus dan bakteri yang menyerang, ia akan mudah sekali sakit.

Itulah 5 bahaya berprasangka buruk terhadap orang lain. Jadi segeralah berhenti dari sifat ini. Buang jauh-jauh berbagai pikiran negatif kita terhadap orang lain. Mulailah memandang dunia dari sisi positif. Ingatlah didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat, dan begitu pun sebaliknya yakni didalam jiwa yang kuat melahirkan tubuh yang sehat.




loading...

close ini