Awas! Banyak Kulit dan Kikil Babi Beredar di Pasaran, Begini Cara Mengenalinya

Awas! Banyak Kulit dan Kikil Babi Beredar di Pasaran, Begini Cara Mengenalinya

author photo
Awas! Banyak Kulit dan Kikil Babi Beredar di Pasaran, Begini Cara Mengenalinya


Kaum muslimin di Indonesia harap hati-hati, Sekarang Banyak Kulit dan Kikil Babi Beredar di Pasaran, Khususnya bagi anda yang suka kuliner “Kikil” dan belanja tas, dompet, sepatu, ikat pinggang dsb harap lebih waspada, karena ternyata saat ini sudah beredar kulit dan kikil babi di pasaran.

Perbedaan yang Mencolok

Sekali lihat dan pegang, pasti kita bisa membedakan mana kikil yang berasal dari sapi dan babi.

Cara pertama adalah dengan merasakan tekstur kikil.

Kikil yang berasal dari babi akan lebih tebal daripada kikil yang berasal dari sapi.

Jadi, jangan lupa untuk membandingkan tebal kikil yang satu dan yang lainnya.

Perbedaan lain yang paling mencolok dan banyak beredar di mana-mana adalah dari permukan luarnya.

Jika terdapat 3 buah titik-titik gelap yang saling berdekatan, maka kemungkinan itu adalah kikil yang berasal dari babi.

Sedangkan kikil yang berasal dari sapi akan bersih dari titik-titik.

Mudah banget, kan?

Jadi kalau besok mau beli kikil, harus lebih teliti, ya!

Jangan sampai salah beli.

Saya sertakan juga foto kulit babi yang dijadikan dompet. Cirinya hampir sama, ada pola tiga titik yang berkumpul. Biasanya digunakan sebagai jok, pelapis bagian dalam sepatu, ikat pinggang, dompet, jaket, tas, dan lainnya.

Dompet Kulit Babi
Dompet Kulit Babi


Dengan dibukanya perdagangan bebas dan arus globalisasi yang semakin terbuka lebar, Maka produk-produk dari kulit babi ini semakin banyak beredar dikalangan masyarakat Indonesia.

Oleh sebab itu, hendaknya kita sebagai muslim memiliki pengetahuan yang cukup untuk membedakan antara struktur kulit babi dengan kulit PVC buatan pabrik.

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan oleh semua kaum muslimin, Bisa jadi karena ketidak-tahuannya maka kita akan menggunakan berbagai bahan yang terbuat dari kulit babi (seperti: dompet, ikat pinggang, jaket atau sepatu, dll) yang bila digunakannya barang-barang tersebut dikala ia berwudhu ataupun sholat, maka hal tersebut menjadikan wudhu dan sholatnya menjadi tidak sah.

CIRI-CIRI PRODUK SANDANG DARI BAHAN KULIT BABI

Permukaan atasnya mempunyai titik-titik dot yang lekuk ke dalam. Di dalam setiap titik dot itu ada 3 titik dot yang lain. Untuk memudahkan anda mengenalinya, setiap titik dot bagian luar tadi, kalau dicantumkan mengikut garisan ke bawah, ke atas, ke tepi ia menjadi 3 segi. Hanya saja pada kulit babi, 3 titik dot ini strukturnya adalah berserakan tidak teratur.

Tekstur Kulit Babi
Tekstur Kulit Babi


Kulit babi biasanya berwarna putih kekusaman. Biasanya ia diletakkan di bagian lapisan belakang tumit sepatu, dibawah lidah sepatu, di bagian bawah lubang tali sepatu.

Ciri ciri kulit babi
Tekstur Kulit Babi


Sebagai pengetahuan, Jika dipakai, Sepatu yang terbuat dari kulit babi akan terasa seperti lembap atau pun seperti terkena lembapan sabun, jika terkena peluh (keringat) dari kaki anda.



CIRI-CIRI PRODUK SANDANG DARI BAHAN PVC BUATAN PABRIK

Ada juga kulit yang hampir menyerupainya tetapi ia tidak memiliki 3 titik lekuk di dalam setiap lekukan tersebut, dan tampak bahwa titik-titiknya lebih teratur karena dibuat oleh mesin, dan tidak mempunyai lekukan / ceruk di setiap tiga titik tersebut. Berikut ini adalah kulit yang terbuat dari PVC buatan pabrik, yang tidak mengapa jika digunakan dan dipakai oleh kaum muslimin.

Kulit dari PVC
Kulit dari PVC


Kulit dari PVC
Kulit dari PVC

Baca Juga:


Mohon bantu sebarkan info ini, semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post