Begini Doa Nabi Ketika mengobati Bagian Tubuh Yang Sakit

Begini Doa Nabi Ketika mengobati Bagian Tubuh Yang Sakit

author photo
Dalam Islam, Doa merupakan proposal yang terucap dari lisan seorang hamba yang ditujukan pada Allah untuk memperoleh sesuatu yang diinginkan. Doa tidak selalu terkait dengan materi, karena terkadang manusia juga berdoa agar diberikan kemudahan masalah, perlindungan tubuh, meminta jodoh ataupun minta sembuh dari suatu penyakit yang menimpanya.

Begini Doa Nabi Ketika mengobati Bagian Tubuh Yang Sakit


Kendati sekarang ini teknologi kedokteran sudah maju dan berkembang pesat, namun orang yang beriman pada Allah tidak akan pernah meninggalkan doa guna meminta kesembuhan dari penyakit. Mereka yakin, Kekuatan doa lebih mampu menyehatkan organ-organ tubuh yang sakit.

Ternyata hal ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah SAW ketika mendapati keluarga atau sahabat beliau yang sedang sakit. Bacaan doa Nabi ini sangatlah sederhana dan bisa dipraktekkan jika ada bagian tubuh yang terasa sakit.

Rasulullah SAW mengajarkan pada kita tentang doa yang harus dibaca ketika tubuh mengalami sakit. Misalnya saja saat bagian dada terasa sakit (paru-paru dan jantung), kepala (pusing atau migrain), sakit perut (lambung/maag), dan sebagainya, Maka Nabi menganjurkan pada kita untuk membaca do'a berikut ini:

ضَعْ يَدَكَ عَلَى الَّذِى تَأَلَّمَ مِنْ جَسَدِكَ وَقُلْ بِاسْمِ اللَّهِ. ثَلاَثًا. وَقُلْ سَبْعَ مَرَّاتٍ أَعُوذُ بِاللَّهِ وَقُدْرَتِهِ مِنْ شَرِّ مَا أَجِدُ وَأُحَاذِرُ

“Letakkan tanganmu di tempat yang sakit dan bacalah Basmalah tiga kali, lalu bacalah “A’uudzu billaahi wa qudrotihi min syarri maa ajidu wa uhaadziru” (Aku berlindung pada Allah dan kekuasaanNya dari keburukan yang sedang aku rasakan saat ini dan yang aku khawatirkan)” (HR. Muslim)

Dalam Syarh Kitab Hisnul Muslim. Dijelaskan bahwa doa ini pernah diajarkan Nabi pada salah satu sahabat. Suatu hari seorang sahabat bernama Utsman bin Al Ash datang pada Rasulullah karena pada salah satu anggota tubuhnya terasa sakit. Kemudian Nabi mengajarkan doa dan cara diatas.

Beliau SAW memerintahkan sahabat Utsman bin Al Ash untuk meletakkan tangan kanan di tempat yang sakit, Lalu membaca basmalah tiga kali kemudian membaca doa diatas sebanyak tujuh kali. Dengan kehendak Allah, akhirnya Utsman bin Al Ash sembuh dari penyakitnya.

Jika kita yakin seyakin-yakinnya dengan hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam diatas, insya Allah kita akan diberikan kesembuhan sebagaimana yang dialami oleh Sahabat Utsman bin Al Ash radhiyallahu ‘anhu.

Semoga Allah Subhanahu wa Ta’ala senantiasa menjaga dan melindungi kesehatan kita dan keluarga kita. Amiin Allahumma aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post