Para Istri.. Tabiatmu Sangat Berpengaruh Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

Para Istri.. Tabiatmu Sangat Berpengaruh Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah

author photo
Ada sebuah keluarga dengan penghasilan 100 juta/bulan, namun hal itu tidak memberikan ketentraman hati setiap anggota keluarganya.

Kata mutiara Keluarga Sederhana


Ada juga sebuah keluarga dengan penghasilan dibawah 1 juta/bulan, namun bisa menjalani hidup dengan penuh kebahagiaan dan ketentraman karena selalu yakin dan bergantung hanya kepada Allah..

Ada seorang istri..
Gaji suaminya sebulan tidak mencapai 1 juta per bulan.
Untuk uang makan dan lain2 selama satu bulan..
Cukup baginya..dan tak ada mengeluh sedikitpun dari lisannya...
Hidup dengan 5 orang anak..

Mereka penghafal al qur'an..
Hidupnya selalu bersandar pada Allah..
Alhasil keluarga mereka bahagia..

Mereka menemukan sakinah.. mawaddah wa rahmah dalam rumahtangganya.

Rasa Syukur.. Qonaah..dan Ketaqwaan yang luar biasa sehingga membuat mereka merasa cukup dan merasa menjadi hamba yang beruntung karena Allah masih beri hidayah untuk bertaqwa pada-Nya.

Dibawah ini saya ingatkan kembali tentang sebuah kisah inspiratif, Semoga bisa dijadikan pembelajaran dan ibrah, terutama oleh kaum hawa. Ingatlah bahwa Tabiat Istri Sangat Berpengaruh Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah. Semoga bermanfaat.

Suatu ketika Imam Hasan al-Bashri berkata:

“Aku datang pada seorang pedagang kain di Makkah untuk membeli baju, lalu si pedagang mulai memuji-muji dagangannya dan bersumpah, lalu akupun meninggalkannya dan aku katakan tidaklah layak beli dari orang semacam itu, lalu akupun beli dari pedagang lain.”

2 tahun setelah itu aku berhaji dan aku bertemu lagi dengan pedagang kain tersebut, tapi aku tidak lagi mendengarnya memuji-muji dagangannya dan bersumpah, Kemudian aku bertanya padanya:”Bukankah engkau orang yang dulu pernah berjumpa denganku beberapa tahun lalu?”

Ia menjawab : “Iya benar”Aku bertanya lagi:”Apa yang membuatmu berubah seperti sekarang ini? Aku tidak lagi melihatmu memuji-muji daganganmu sendiri dan bersumpah-sumpah!”Ia pun bercerita:”Dulu aku punya istri yang jika aku datang kepadanya dengan sedikit rejeki, ia meremehkannya dan jika aku datang dengan rizki yang banyak ia menganggapnya sedikit.

Lalu Allah mewafatkan istriku tersebut, dan akupun menikah lagi dengan seorang wanita. Jika aku hendak pergi ke pasar, ia memegang bajuku lalu berkata:’Wahai suamiku, bertaqwalah kepada Allah, jangan engkau beri makan aku kecuali dengan yang makanan yang halal dan thayyib. Jika engkau datang dengan sedikit rezeki, aku akan menganggapnya banyak, dan jika kau tidak dapat apa-apa aku akan membantumu memintal (kain)’.”

Masya Allah… Ternyata memang benar bahwa Tabiat Seorang Istri Sangat Berpengaruh Terhadap Cara Suami Mencari Nafkah. Wahai para istri.. Milikilah sifat Qana’ah -suka menerima- / jiwa selalu merasa cukup. Biasanya para wanita sering terjebak dengan keinginannya untuk terlihat cantik dengan perhiasan dan pakaian yang serba mahal. Janganlah menjadi jurang dosa bagi Suamimu.

Salah satu ciri-ciri istri shalihah adalah selalu mendorong suaminya pada kebaikan dan amal shalih. Sedangkan wanita kufur akan menjadi pendorong bagi suaminya untuk berbuat dosa dan kemaksiatan. Cukupkan diri kita pada yang halal dan baik. Ukuran Rejeki itu terletak pada keberkahannya, bukan pada jumlahnya.

(Kitab al-Mujaalasah wa Jawaahirul ‘Ilm (5/252) karya Abu Bakr Ahmad bin Marwan)
Next article Next Post
Previous article Previous Post