Menguak Rahasia Terkabulnya Doa Bapak Para Nabi

Menguak Rahasia Terkabulnya Doa Bapak Para Nabi

KabarMakkah.Com - Nabi Ibrahim Alaihis Salam adalah salah satu Nabi yang dijuluki dengan Abul Anbiya' atau bapaknya para nabi, karena dari beliaulah lahir nabi-nabi yang lain di zaman setelahnya.

Diantara keturunan beliau yang menjadi nabi adalah: Nabi Ismail, Nabi Ishaq, Nabi Ya'qub, Nabi Syuaib, Nabi Ayyub, Nabi Dzulkifl, Nabi Musa, Nabi Sulaiman, Nabi Daud, Nabi Yunus, Nabi Ilyas, Nabi Zakariyya, Nabi Yahya, Nabi Isa Alaihimus Salam dan Nabi Muhammad Shallahu Alaihi Wa Sallam.

Dalam Surat Al Baqarah ayat 126 Allah SWT berfirman:

وَ إِذْ قَالَ إِبْرَاهِيْمُ رَبِّ اجْعَلْ هَذَا بَلَدًا آمِنًا وَ ارْزُقْ أَهْلَهُ مِنَ الثَّمَرَاتِ مَنْ آمَنَ مِنْهُمْ بِاللهِ وَ الْيَوْمِ الْآخِرِ قَالَ وَ مَنْ كَفَرَ فَأُمَتِّعُهُ قَلِيْلاً ثُمَّ أَضْطَرُّهُ إِلَى عَذَابِ النَّارِ وَ بِئْسَ الْمَصِيْرُ

(126) Dan (ingatlah) ketika Ibrahim berkata: Ya Tuhanku. Jadikanlah negeri ini (Mekkah) negeri yang aman, dan karuniakanlah kepada penduduknya dari berbagai buah-buahan, (yaitu) barang­siapa yang beriman di antara mereka kepada Allah dan Hari Kemudian. Berfirman Dia : Dan orang-orang yang kafirpun, akan Aku beri kesenangan untuk dia sementara, kemudian akan Kami helakan dia kepada siksaan neraka, yaitu seburuk buruk tujuan.

Dalam surat yang lain Allah SWT berfirman:

“Tuhan kami, aku telah tempatkan istri dan anak keturunanku di lembah yang tidak ada pohon di dalamnya. Tuhan kami, jadikan mereka orang-orang yang menegakkan shalat, jadikan hati sebagian manusia-yaitu yang beriman cenderung untuk mengunjungi mereka dan karuniakan kepada mereka buah-buahan agar mereka menjadi orang-orang yang bersyukur”. (QS.14:37)

Setidaknya ada beberapa hal yang perlu digaris bawahi dalam doa Nabi Ibrahim dalam 2 ayat diatas, yaitu Nabi Ibrahim meminta pada Allah SWT agar menjadikan Mekkah sebagai tempat yang aman dan memohon padaNya untuk memberikan rejeki berupa buah-buahan bagi penduduk Mekkah dan membuat hati seluruh orang yang beriman pada Allah SWT untuk condong kepada mereka (keturunan Nabi Ibrahim yang menegakkan sholat)

Buah-buahan Di Mekkah
Buah-buahan Di Supermarket Mekkah


Untaian doa yang dilantunkan oleh Nabi Ibrahim seperti yang disebutkan dalam 2 ayat diatas mengandung nilai-nilai yang sangat agung dan menjadi sumber inspirasi untuk mengharapkan terkabulnya doa yang kita panjatkan pada Allah SWT. Dan doa Sang bapak Nabi pun dikabulkan oleh Allah SWT, dibuktikan dengan dijadikannya kota Mekkah sebagai kota yang teraman di dunia, berlimpahnya buah-buahan di kota suci itu walaupun mengimpor dari negara lain dan realitanya kota ini adalah kota paling sibuk dan ramai yang menjadi tujuan wisata favorit oleh semua orang islam di dunia. (Lihat Juga: Foto Foto Antik Kota Mekkah Jaman Dulu)

Semua doa pasti akan diijabahi oleh Allah SWT, tapi kita tidak tahu bagaimana cara Allah mengabulkan doa kita dan kapan waktu dikabulkannya. Namun, dengan menyelami kata-kata doa yang dipanjatkan Nabi Ibrahim lebih dalam seperti ayat diatas tentunya kita akan menjadi lebih paham, bahwasanya dalam berdoa pun ada beberapa hal agar dikabulkan oleh Allah SWT seperti terkabulnya doa beliau Alaihis Salam. Dan dibawah ini adalah beberapa hal yang harus kita ketahui tentang fakta doa Nabi Ibrahim diatas.

jeruk
Jeruk Melimpah di Mekkah


Keyakinan. Dalam kondisi yang secara rasional sangat sulit untuk dikabulkan keinginannya, beliau mengungkapkan hal yang sangat bertolak belakang, yaitu tanah yang gersang dan buah-buahan. ini adalah 2 hal yang kontradiktif, tidak mungkin buah-buahan akan bisa tumbuh di Mekkah. Namun berkat Optimisme atas Kekuasaan Allah SWT lah doa beliau dikabulkan. hal ini beliau panjatkan tanpa memikirkan batas-batas kausalitas dan rasionalitas makhluk-Nya

Kekuatan spiritual. Disamping keyakinan atas Kekuasaan Allah SWT, hal yang beliau minta adalah kekuatan membangun hubungan dengan Allah SWT dalam bentuk menegakkan shalat. Karena dari sinilah otot-otot spiritual dan emosional seorang manusia yang merupakan subjek sebuah peradaban akan kuat. Bagaikan sebuah karet, jiwa seseorang yang memiliki hubungan yang baik dengan Rabbnya akan kenyal, tidak mudah dihancurkan, dipatahkan dan dilemahkan.

Hubungan dengan orang lain. Nabi Ibrahim menyadari bahwa tidak mungkin beliau bisa hidup hanya dengan keluarganya saja, maka beliau memohon kepada Allah agar hati sebagian manusia cenderung kepada keturunannya, tentunya kecenderungan ini disebabkan oleh akhlak mulia beliau dan keturunannya. Dalam sejarah disebutkan bahwa Nabi Ibrahim dan keluarganya di kenal sebagai manusia yang memiliki kepribadian yang mulia sehingga banyak manusia yang simpati kepada mereka dan ingin tinggal bersama mereka. (Baca Juga: Beginilah Cara Nabi Ibrahim Menjamu Tamunya)

Kekuatan Sosial. Selain berdoa untuk keluarganya sendiri secara khusus, Nabi Ibrahim juga meminta pada Allah SWT untuk memberikan rejeki pada yang lain. - dan karuniakanlah kepada penduduknya dari berbagai buah-buahan - ini artinya beliau bukan orang egois yang hanya mementingkan kebutuhan untuk diri sendiri dan keluarganya. akan tetapi beliau juga memohonkan untuk penduduk Makkah agar dikaruniai rejeki berupa buah-buahan. perlu kita ketahui bahwa semua buah bisa anda temukan di kota Mekkah. bahkan harganya bisa jadi lebih murah disana daripada di Indonesia, hal yang sangat bertolak belakang karena Indonesia adalah negara agraris yang bisa ditanami berbagai macam pepohonan. seperti contoh buah apel dan jeruk, harganya di Mekkah bisa 50% lebih murah daripada di jakarta. (Baca Juga: Mengenal Kota Mekkah dan Keutamaannya)

Demikianlah beberapa rahasia terkabulnya doa Nabi Ibrahim AS, semoga bisa menginspirasi dan memotivasi kita semua agar selalu optimis dalam menjalani kehidupan baik di dunia maupun di akhirat. Amin.

Next article Next Post
Previous article Previous Post