Sriwijaya Air Jatuh, Ini Isi Pesan Menyentuh Kapten Afwan: Jangan Lupakan Sholat!

Sriwijaya Air Jatuh, Ini Isi Pesan Menyentuh Kapten Afwan: Jangan Lupakan Sholat!

Sriwijaya Air Jatuh, Ini Isi Pesan Menyentuh Kapten Afwan: Jangan Lupakan Sholat!



Pilot Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yakni Kapten Afwan dikenal sebagai orang yang rajin beribadah. Banyak orang yang mengenalnya, melihatnya sering memakai kopiah putih.


Kapten Afwan juga dikenal sebagai sosok yang rendah hati. Pilot yang tinggal di Komplek Bumi Cibinong Indah (BCE), Kabupaten Bogor itu juga diketahui baik hati, selain rajin beribadah.


"Baik lah, merendah orangnya. Dulu beliau panitia pembangunan masjid, bendaharanya. Aktif di masyarakat sama agamanya," kata Ketua RT setempat Agus Pramudibyo.


Bahkan, Kapten Afwan pun sempat mengingatkan orang lain agar tidak lupa meninggalkan ibadah wajib umat islam, yakni sholat.


Seperti unggahan yang diupload oleh salah satu pengguna Twitter bernama Kang Cendol, akun tersebut mengupload foto yang bertuliskan pesan menyentuh dan penuh makna dari Kapten Afwan.


Terdapat sebuah pesan di atas sajadah yang terpampang itu. 


Pesan itu pun berisi bahwa Kapten Afwan hendak meminjam charger, sembari mengingatkan agar si pemilik charger agar jangan sampai melupakan sholat.


Sriwijaya Air Jatuh, Ini Isi Pesan Menyentuh Kapten Afwan: Jangan Lupakan Sholat!



"Agung, saya pinjam chargernya sebentar ya. Tks sebelumnya. Nb: Jangan lupa sholat, Kapten Afwan."


Merasa sedih, kemudian pemilik akun Twitter tersebut pun mendoakan agar sang kapten agar selalu diberikan jalan terbaik oleh Allah SWT.


"Orang baik orang soleh, insyaallah Allah akan kasih jalan yang terbaik untuk beliau. Thank you Capt Afwan #SJ182," tulis akun tersebut.


Sebelumnya, pesawat Sriwijaya Air dengan nomor penerbangan SJ182 jatuh, Sabtu (9/1/2021) siang. Pesawat itu membawa puluhan penumpang yang terdiri dari penumpang dewasa, anak-anak, dan bayi.


Berdasarkan data Flight Radar, Pesawat Sriwijaya Air tersebut hilang kontak sesaat usai take off dari Bandara Soekarno-Hatta dan tak ada komunikasi saat berada di Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.


Sedikit mengenal Kapten Afwan, dia merupakan Kapten Pilot di balik kemudi Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang hilang kontak pada Sabtu (9/1/2021).


Jagat media sosial lantas membagikan berbagai kesan pada Pilot Senior yang merupakan mantan Penerbang Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkata Udara (AU) tersebut. 


Salah satunya dari Aldila Nesya, istri dari Pilot Bona Septano yang mengenal Kapten Afwan.


Wanita tersebut berbagai foto profil dari Aplikasi WhatsApp Kapten Afwan, yakni animasi Tokoh Superman yang sedang melaksanakan ibadah salat. 


Foto tersebut juga disertai dengan sebuah caption: 


“Setinggi apapun aku terbang, tidak akan mencapai Surga bila tidak shalat lima waktu”.  


Kata Aldila Nesya, semua yang pernah terbang bersama Kapten Afwan, mulai dari pilot, kru kabin hingga pihak ground tahu, selalu ada cerita terkait kata salat atau agama. 


Dia mengetahui hal ini dari begitu banyaknya cerita rekan–rekan.


“Entah beliau ngingetin sholat, entah beliau izin sholat di Masjid, entah beliau nyuruh cabin yg lg pasa Senin–Kamis masuk ke kopit buat buka puasa krna udah adzan pas mereka lg trbg, entah nyuruh boarding nanti krna beliau mau sholat dulu/nyuruh boarding duluan tp beliau tinggal sholat apapun itu pasti semua punya cerita, dan terbukti sampai skrg capt ngingetin kita smeua tentang sholat,” jelas Aldila Nesya.


Aldila menilai, apapun yang diingat dari Kapten Afwan adalah semua tentang kebaikan dan menyebarkan kebaikan.


“Capt Afwan, capt yg bener2 baik bgt gapernah marah. Aku sm suami (yang berprofesi sebagai pilot) punya cerita sendiri tentang capt.,” ujar dia sambil membagikan potret Kapten Afwan yang mengenakan peci putih.


Aldila Nesya mengaku, dulu saat terbang bersama di Makassar, Kapten Afwan selalu mengingatkan untuk salat. Kapten Afwan bahkan bertanya detail, dimana melakukan salat dan dimana melakukan wudhu. Saat itu Kapten Afwan mengingatkan agar wudhu harus di tempat yang bersih sama sekali.


“Capt baik bgt bener2 selalu pake peci putih iniii bahkan di dalem kokpit jg pake mungkin pas beliau ngaji *emoticon* ujar dia.


Lebih lanjut Aldila Nesya juga menjelaskan bahwa di dalam Pesawat Sriwijaya SJ182 ada nama kapten lain, tetapi dijelaskan mereka adalah kru ekstra dan tidak sedang bertugas. Diketahui enam orang kru ekstra tersebut merupakan kru dari NAM Air yang masih merupakan satu kesatuan dari Sriwijaya Air. 


Next article Next Post
Previous article Previous Post