Innalillahi, KH Adib Masruhan Pengasuh Pesantren Al-Hikmah Benda Meninggal Dunia

Innalillahi, KH Adib Masruhan Pengasuh Pesantren Al-Hikmah Benda Meninggal Dunia

author photo

 

Innalillahi, KH Adib Masruhan Pengasuh Pesantren Al-Hikmah Benda Meninggal Dunia


Umat Islam di Jawa Tengah kembali berduka, KH Abdullah Adib Masruhan Pengasuh Pesantren Al-Hikmah 1 Benda, Sirampok, Brebes, Jawa Tengah meninggal dunia karena sakit, Kamis (31/12) pagi. 


Kabar duka tersebut disampaikan kakak almarhum, KH Agus Sholeh melalui grup WA alumni pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak Kamis (31/12) pagi pukul 10.16 WIB. 


Untaian ungkapan duka dan doa agar almarhum mendapat ampunan dari Allah SWT dan husnul khatimah dari anggota grup seketika membanjiri grup WA tersebut.


Almarhum adalah salah satu putra KH Masruhan Pengasuh Pesantren Al-Maghfur Mranggen Demak dan teman satu angkatan dengan almarhum KH Muhammad Hanif Muslih Pengasuh Pesantren Futuhiyyah ketika belajar di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia.


KH Hanief Ismail mengatakan, almarhum Kiai Adib orangnya cerdas, supel, dan mudah bergaul sehingga memiliki banyak kawan, baik ketika belajar di Madrasah Darul Ulum Makkah yang diasuh Syaikh Yasin Al-Fadani maupun saat kuliah di Universitas Islam Madinah Saudi Arabia.


"Almarhum Kiai Adib dan Kiai Hanif adalah teman kami saat bersama-sama kuliah di Universitas Islam Madinah, ketika pulang ke tanah air setelah lulus,  kami dan Kiai Adib diajak Kiai Hanif untuk mengajar di Futuhiyyah. Jadi persahabatan kami bertiga berlangsung lama," kata kiai Hanief.


Menurutnya, almarhum Kiai Adib selain piawai dalam membangun pergaulan, perkawanan, dan persaudaraan juga piawai dalam mengasuh dan mengajar para santri dan murid-muridnya di madrasah, pesantren Futuhiyyah dan santri-santrinya di pesantren yang diasuhnya, yakni pesantren Al-Maghfur Mranggen.


"Cara mengajarnya disukai para anak didiknya. Dari Futuhiyyah Mranggen, pengabdian Kiai Adib berlanjut ke Brebes setelah menikah dengan dzuriyah Pesantren Al-Hikmah 1 Benda Sirampok Brebes," ujarnya. 


Nyai Hj Azizah kakak kandung almarhum mengatakan, jenazah almarhum dimakamkan di Pesantren Al-Hikmah 1 Benda, Sirampok, Brebes  pada Kamis siang. 


"Mohon dimaafkan kalau adik kami memiliki kesalahan kepada panjenengan semua," pungkasnya.


Next article Next Post
Previous article Previous Post