Indonesia Kembali Berduka, Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Tutup Usia, YM: Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah..!!

Indonesia Kembali Berduka, Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Tutup Usia, YM: Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah..!!

Indonesia Kembali Berduka, Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Tutup Usia, YM: Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah..!!



Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Indonesia kembali kehilangan salah satu ulama besar. Pada Jumat (15/1), Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf dikabarkan meninggal dunia di rumah sakit holistik Purwakarta. 


Kabar berpulangnya Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf langsung mengundang duka cita warganet. 


Warganet umumnya berduka karena sosok Habib Ali dikenal sebagai ulama yang punya pengabdian dan dedikasi pada dakwah dan keumatan. 


Habib Ali meninggal selang sehari setelah berpulangnya ulama Syekh Ali Jaber. 


Wafatnya dua ulama besar dalam tempo dua hari ini menjadi kabar duka bagi Indonesia di awal tahun 2021.


Kabar meninggalnya Habib Ali disampaikan oleh Rabithah Alawiyah. Ormas habaib se-Indonesia ini menyatakan duka yang mendalam atas wafatnya ulama pimpinan Majelis Ta'lim Al Afaf itu. 


"DPP Rabithah Alawiyah mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya sesepuh Alawiyyin dan pimpinan majelis ta'lim Al Afaf," begitu keterangan resmi Rabithah Alawiyah, Jumat (15/1).


Sementara itu Ustadz Yusuf Mansur lewat akun Instagramnya juga memberitakan kabar duka ini pada Jumat sore, 15 Januari 2021.


"Yaa Allah Yaa Rabb.. Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf, wafat. Innaa lillaah... Yaa Allah. Yaa Allah. Yaa Allah..." tulis Yusuf Mansur.


Kabar tentang meninggalnya Habib Ali juga dikicaukan oleh penceramah muda, Husein Ja’far Hadar lewat akun Twitter-nya, @Husen_Jafar.


“Lg bikin video mengambil pelajaran dari alm. Syekh Ali Jaber, dapat kabar Habib Ali bin Abdurrahman Assegaf wafat. Ulama demi ulama terus meninggalkan kita. Sungguh ini musibah yg sejati. Ya Rabb! Jangan biarkan kami kesepian dari para kekasih-Mu di negeri ini.”


Dikutip dari berbagai sumber, Habib Ali merupakan anak kedua dari pasangan Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf dan Hj Barkah binti Ahmad Fusyani. Ia lahir pada tahun 1945 di Bukit Duri, Jakarta.


Habib Ali adalah ulama karismatik yang begitu disegani di Jakarta. Sosoknya tak hanya dihormati di Jakarta, tetapi juga di Indonesia dan memiliki ratusan ribu pengikut di berbagai wilayah.


Ia juga dikenal dengan masyarakat dari berbagai latar belakang dan organisasi, termasuk juga politisi. Misalnya, pada tahun 2018, Tito Karnavian yang saat itu masih menjadi Kapolri sempat menyambangi kediaman Habib Ali setelah tahu ulama itu dalam kondisi kurang sehat.


Indonesia Kembali Berduka, Habib Ali Bin Abdurrahman Assegaf Tutup Usia, YM: Ya Allah, Ya Allah, Ya Allah..!!


"Saya kenal beliau, saya sangat menghormati beliau sebagai ulama sepuh, juga orang tua bagi saya," ucap Tito pada Rabu (7/2/2018).

Wapres Ma'ruf Amin juga sempat mendatangi rumah Habib Ali saat maju Pilpres 2019. 

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf menjenguk Habib Ali yang sudah dianggapnya sebagai sahabat lamanya. Habib Ali turut memberikan restu kepada Ma'ruf yang maju Pilpres bersama Joko Widodo.

"Insyaallah K.H. Ma'ruf akan membawa kebaikan untuk umat, untuk bangsa, untuk Indonesia," ujar Habib Ali kepada Ma'ruf, Senin (17/9/2018).

Berdasarkan info yang diterima, Habib Ali meninggal dunia di RS Purwakarta, Jawa Barat. Belum diketahui penyebab meninggalnya Habib Ali.

Namun, ia dikabarkan sudah tiga tahun terakhir sakit stroke dan sudah tak mampu lagi berjalan.
Next article Next Post
Previous article Previous Post