Halaman Masjidil Haram Akan Ditanami Pohon

Halaman Masjidil Haram Akan Ditanami Pohon

author photo
Halaman Masjidil Haram Akan Ditanami Pohon



Kepala Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid di Tanah Suci, Syekh Abdul Rahman Al-Sudais mengungkap rencana penanaman pohon di halaman Masjidil Haram di Makkah.


Dilansir Kabarmakkah.com dari Saudi Gazette, Rabu (27/1/2021), Al-Sudais mengatakan, proposal untuk menanam pohon di halaman Masjidil Haram sejalan dengan Visi Arab Saudi 2030. 


Visi tersebut berupaya memberikan kenyamanan bagi para jamaah.


"Proposal tersebut membutuhkan kajian ilmiah, teknis, dan operasional sehingga tidak mempengaruhi wilayah yang ditetapkan untuk salat atau pergerakan jamaah," kata dia.

 

Syekh Al-Sudais menekankan perlunya menyesuaikan diri dengan rencana, dan strategi pembangunan berkelanjutan untuk mengurangi efek perubahan iklim.


Di samping itu, langkah tersebut juga bertujuan untuk mengurangi suhu dan tingkat polusi, meningkatkan kualitas udara, dan mengubah halaman menjadi ramah lingkungan, melalui dekorasi dan peneduh, sesuai dengan kondisi iklim wilayah tersebut.


Sementara itu, usulan penghijauan halaman Masjidil Haram, menurut presidensi bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup, sekaligus memperkaya pengalaman mereka yang berkunjung ke Dua Masjid Suci tersebut, selain melestarikan sumber daya alam melalui penggunaan kembali air wudhu untuk keperluan irigasi. 

Next article Next Post
Previous article Previous Post