Cukup Pakai NIK KTP, Cek Sekarang Apakah Anda Terdaftar Bantuan 1 Juta

Cukup Pakai NIK KTP, Cek Sekarang Apakah Anda Terdaftar Bantuan 1 Juta

 

Cukup Pakai NIK KTP, Cek Sekarang Apakah Anda Terdaftar Bantuan 1 Juta Tahap 3


Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali membuka bantuan yang ditujukan untuk warga terdampak Covid-19. 


Bantuan Rp1 juta dari Kemendikbud ini memasuki tahap ketiga yang mana pada sebelumnya tahap pertama telah diumumkan dan tahap kedua tengah dilakukan evaluasi. 


Lantas bagaimana cara untuk mengetahui calon penerima bantuan tersebut? Simak berikut selengkapnya. 


Buka laman https://apb.kemdikbud.go.id/ , selanjutnya masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) pada kolom yang tertera. 


"Pengecekan NIK dilakukan untuk mengetahui apakah Anda berhak sebagai calon penerima Tahap III. 


Apakah Anda termasuk penerima program Pemberian Layanan Pelindungan Pelaku Budaya Terdampak COVID-19 Tahap III?," bunyi narasi pada laman pengecekan nama penerima. 


Jika sudah dinyatakan menerima, calon penerima wajib menengkapi dokumen."Apabila telah terdaftar, Anda dapat melengkapi dokumen-dokumen dan menunggah karya Anda melalui laman dasbor," tulis nasarsi di https://apb.kemdikbud.go.id/user/login. 


Sekedar diketahui, pemerintah memberikan bantuan bagi para pelaku budaya terdampak Covid-19 dalam Program Bantuan Apresiasi Pelaku Budaya (APB) yang disalurkan melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). 


Para pelaku budaya penerima APB tahap 3 wajib melakukan registrasi ulang dengan cara melengkapi data dan karya di laman apb.kemdikbud.go.id. 


Bantuan APB tidak diberikan kepada pelaku budaya berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS), Pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PPNS), TNI, POLRI, karyawan BUMN, karyawan BUMD, dosen, maupun dokter. 


Adapun untuk melakukan registrasi ulang bagi penerima bantuan APB tahap 3 ini bisa dilakukan melalui laman resmi APB apb.kemdikbud.go.id 


Peserta bisa mengecek namanya apakah terdaftar sebagai penerima bantuan atau tidak. Jika terdaftar, maka selanjutnya adalah membuat akun dan mengunggah dokumen beserta karya yang akan diverifiasi oleh tim verifikator. 


Lebih lanjut, siapa yang berhak mendapatkan bantuan? 


Layanan Pelindungan Pelaku Budaya Terdampak Pandemi COVID-19 diberikan kepada pelaku budaya terbagi atas dua prioritas: 


1. Prioritas I, meliputi para pelaku budaya yang termasuk dalam pengelompokkan kriteria: 


- Pelaku budaya yang bersangkutan tidak punya mata pencaharian lain selain kegiatan bidang kebudayaan yang berhenti total akibat wabah atau berkurang secara signifikan akibat wabah; 


- Pelaku budaya yang memiliki penghasilan perbulan sebesar-besarnya lima juta rupiah sebelum wabah berlangsung; dan 


- Pelaku budaya yang sudah berkeluarga, dan memiliki penghasilan perbulan antara lima sampai sepuluh juta rupiah sebelum wabah berlangsung. 


2. Prioritas II, meliputi para pelaku budaya yang termasuk dalam pengelompokkan kriteria: 


- Pelaku budaya yang belum atau tidak berkeluarga, serta memiliki penghasilan perbulan antara lima sampai sepuluh juta rupiah sebelum wabah berlangsung; dan 


- Pelaku budaya yang memiliki penghasilan perbulan di atas sepuluh juta rupiah sebelum wabah berlangsung.

Next article Next Post
Previous article Previous Post