Ingin Mendapat Bansos 500 Ribu dari Pemerintah? Begini Cara Daftar Kartu Keluarga Sejahtera Melalui RT/RW Setempat

Ingin Mendapat Bansos 500 Ribu dari Pemerintah? Begini Cara Daftar Kartu Keluarga Sejahtera Melalui RT/RW Setempat

Ingin Mendapat Bansos 500 Ribu dari Pemerintah? Begini Cara Daftar Kartu Keluarga Sejahtera Melalui RT/RW Setempat


Pemerintah melalui kementerian sosial kembali menyalurkan bantuan sosial tunai sebesar 500 ribu per kk untuk membantu warga yang saat ini sedang mengalami kesusahan akibat dampak dari wabah corona yang belum usai.

Namun, Tidak semua KK akan mendapatkan bantuan Rp 500 ribu tersebut.

Hanya mereka yang memiliki kartu keluarga sejahtera saja yang akan mendapatkannya, Lalu apa itu kartu keluarga sejahtera?

Menurut laman kemsos,go.id Kartu keluarga sejahtera merupakan kartu penanda bagi Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) kurang mampu diantaranya penyandang disabilitas, lanjut usia yang belum memperoleh layanan/ bantuan sosial dan berada di dalam panti/ Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), gelandangan dan pengemis yang tinggal di kolong jembatan serta tidak memiliki tempat tinggal tetap atau tidak layak huni, korban penyalahgunaan napza dan bekas warga binaan lembaga pemasyarakatan.

Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan kartu keluarga sejahtera? Masih di laman kemsos.go.id juga menjelaskan cara untuk mendapatkan kartu ini.

1. Mendaftarkan diri sebagai peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke pemerintah daerah terdekat seperti RT/RW setempat.

2. Anda bisa bertanya tentang informasi KKS kepada pengurus RT/RW, perangkat desa/aparatur kelurahan di wilayah tinggal KPM atau Humas Kementerian Sosial.

3. Biasanya setelah mendaftar KPM, calon KPM akan mendapatkan surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

4. Data yang telah diisi oleh calon penerima program ini lalu diproses secara paralel dan sinergis oleh bank yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara), kantor kelurahan dan kantor walikota/ kabupaten.

5. Setelah verifikasi data selesai, penerima bantuan sosial akan dibukakan rekening di bank dan mendapatkan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang berfungsi sebagai kartu non tunai untuk pengambilan bantuan pangan.

Demikian Cara Daftar Kartu Keluarga Sejahtera Melalui RT/RW Setempat, Semoga bermanfaat.
Next article Next Post
Previous article Previous Post