Baru Saja Pulang dari China, Luhut dan Terawan Bawa Oleh-oleh Ini Buat Rakyat Indonesia

Baru Saja Pulang dari China, Luhut dan Terawan Bawa Oleh-oleh Ini Buat Rakyat Indonesia

Baru Saja Pulang dari China, Luhut dan Terawan Bawa Oleh-oleh Ini Buat Rakyat Indonesia



Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan bersama Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto di sela lawatannya ke Yunan, China, 9-10 Oktober, bertemu dengan pimpinan perusahaan produsen vaksin Covid-19 yaitu Cansino, G42/Sinopharm dan Sinovac. Dirut Bio Farma, Honesti Basyir, juga hadir dalam pertemuan yang berlangsung Sabtu (10/10).


Pertemuan tersebut bertujuan untuk memfinalisasi pembelian vaksin Covid-19 yang telah dijajaki oleh Menteri BUMN dan Menteri Luar Negeri serta dalam konteks persiapan eksekusi vaksinasi, transfer teknologi, dan penjajakan regional production di Indonesia.


Mengutip siaran pers Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves), vaksin dari ketiga perusahaan tersebut diketahui sudah masuk pada tahap akhir uji klinis tahap ke-3 dan dalam proses mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA) di sejumlah negara.


Pemerintah mengupayakan vaksin Covid-19 tersebut tersedia mulai November 2020. Luhut pun berharap sejumlah pihak, termasuk rumah sakit, memperkuat kerja samanya.


"Saya ingin lebih banyak kerja sama antar rumah sakit, pertukaran dokter dan tenaga kesehatan, kolaborasi riset dan teknologi antar-kedua negara (yang bekerja sama dalam pengadaan vaksin),” ujar Luhut dalam keterangannya, Senin, 12 Oktober 2020.


Pertemuan diadakan pada akhir pekan lalu di Yunan, yang juga dihadiri pimpinan perusahaan produsen vaksin Covid-19, yakni Cansino, Sinovac, dan G42-Sinopharm.


Saat ini, vaksin dari ketiga perusahaan tersebut telah masuk tahap akhir uji klinis tahap tiga dalam proses mendapatkan Emergency Use Authorization di sejumlah negara.


Adapun vaksin Cansino telah melakukan uji klinis tahap ketiga di Cina, Arab Saudi, Rusia, dan Pakistan. Sedangkan vaksin G42-Sinopharm melakukan uji klinis tahap ketiga di Cina, Uni Emirat Arab, Peru, Moroko, dan Argentina.


Sementara, itu Sinovac melakukan uji klinis tahap ketiga di Cina, Indonesia, Brazil, Turki, Banglades, dan Cili. 


Pemerintah memastikan dokumen Emergency Use Authorization dari Pemerintah Cina telah diperoleh ketiga perusahaan tersebut pada Juli 2020. Pemerintah UAE pun ikut memberikan emergency use authorization kepada vaksin G42-Sinopharm.


Next article Next Post
Previous article Previous Post