Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir

Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir

Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir


Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir mengandung banyak penafsiran secara etimologi atau bahasa.

Namun, secara terminologi, para ulama memberikan satu makna yang sama. yakni memasrahkan jiwa dan raga hanya kepada Allah Yang Maha Menolong.

Dalam agama Islam, kalimat “Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir” adalah salah satu dzikir yang banyak dianjurkan.

Meskipun terkesan sangat pendek, tetapi “Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir” memiliki arti dan makna yang mendalam atas kepasrahan kita kepada Allah SWT.

Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir adalah:


حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ نِعْمَ الْمَوْلَى وَنِعْمَ النَّصِيْرُ

“Cukuplah Allah menjadi Penolong kami dan Allah adalah sebaik-baik Pelindung.”

Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir ini memiliki makna yang mendalam.

Pertama, dengan mengucapkannya merupakan bentuk ketakwaan kita kepada Allah. Bentuk dan rasa tawakal kita kepada Allah dengan sepenuhnya menyerahkan diri kepada Allah.

Dengan kalimat ini, kita menyerahkan segenap jiwa dan raga kepada Allah, menyerahkan semua urusan, beban, dan kehidupan kita kepada Allah.

Karena Allah lah sebaik-baiknya wakil (penolong). Tawakal dan ikhlas menyerahkan sepenuhnya urusan kita kepada Allah adalah salah satu makna hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir.

Kedua, Saat kita sedang dilanda berbagai masalah kehidupan dunia yang begitu menyesakkan, dirundung duka dan derita, serta masalah-masalah yang berkecamuk, termasuk kesulitan hidup, maka kita hendaknya mengucapkan dzikir Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir.

Jika sedang terpojok dan terancam dalam suatu hal, maka pasrahkan saja kepada Allah karena Allah lah sebaik-baiknya pelindung kita.

Dengan mengucapkan hasbunallah wanikmal wakil nikmal maula wanikman nasir, maka itu merupakan wujud ketergantungan kita kepada Allah, manifestasi permohonan tolong kita kepada Allah, dan bentuk tawakal untuk mengembalikan segala urusan kepada-Nya.

Ketiga, Arti Hasbunallah Wani'mal Wakil Ni'mal Maula Wani'man Nasir secara implisit (tersirat) menyatakan ke-esaan Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang wajib bagi kita untuk menyerahkan semua urusan, meminta pertolongan, dan memohon perlindungan.

Baca Juga: Dahsyatnya Dzikir Hasbunallah Wanikmal Wakil

Kita dilarang untuk menyerahkan masalah, meminta pertolongan dan memohon perlindungan kepada selain Allah, karena Dia lah sebaik-baiknya dzat yang patut kita sembah dan kita meminta pertolongan.

Wallahu A'lam.
Next article Next Post
Previous article Previous Post