Bagi-bagi Kurban Ala Sultan Arab, 1 Kambing Utuh Buat 1 Orang

Bagi-bagi Kurban Ala Sultan Arab, 1 Kambing Utuh Buat 1 Orang

Bagi-bagi Kurban Ala Sultan Arab, 1 Kambing Utuh Buat 1 Orang


Lebaran hari raya Idul Fitri memang identik dengan ibadah kurban. Pada hari raya tersebut umat Islam yang mampu disyariatkan untuk menyembelih hewan kurban.

Mayoritas ulama dari kalangan sahabat, tabi’in, tabiut tabi’in, dan fuqaha (ahli fiqh) menyatakan bahwa hukum kurban adalah sunnah muakkadah (utama).

Ibadah kurban disyariatkan untuk kita umat Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم karena dianggap sebagai sebuah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Di dalam ibadah kurban juga terdapat keutamaan ampunan, keutamaan pahala berbagi, bahkan sekedar menyaksikan prosesinya saja bagi yang tidak mampu menyembelih sendiri, juga merupakan keutamaan.

Terkait masalah pembagian daging kurban, biasanya akan dibagi-bagikan kepada seluruh tetangga, kerabat, khususnya para fakir miskin dan yatim piatu.

Pembagiannya pun akan disama ratakan alias harus adil, orang yang berkurban pun diperbolehkan untuk mengambil sebagian dari daging hewan yang dikurbankannya untuk dimakan sendiri.

Umumnya, daging kurban yang akan dibagi-bagikan di hari raya Idul Adha dibungkus dengan menggunakan plastik kecil, karena jumlah daging yang akan dibagikan juga sedikit.

Namun hal tersebut tidak berlaku di Mekkah, Tempat dimana Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم dilahirkan.

Di tempat mulia tersebut, pembagian daging kurban tidak menggunakan plastik, tapi harus langsung diangkat dengan menggunakan dua tangan.

Karena daging yang dibagikan tidak dipotong-potong lagi alias utuh 1 ekor kambing.

Jeroan, kulit dan kepala kambing sengaja dihilangkan, Karena dianggap tidak etis untuk dimakan penduduk Makkah.

Bagi-bagi daging kurban satu ekor utuh mungkin di negara kita Indonesia dianggap sesuatu yang 'wah', Tapi di kota Mekkah hal tersebut bukan menjadi hal aneh lagi.

Mengingat banyaknya orang yang ingin berkurban disana kemudian mencari penerima daging kurban juga susah sekali.

Hal tersebut tentunya sangat berbeda dengan kondisi di negara kita, dimana jumlah orang yang ingin berkurban di suatu daerah bisa dihitung dengan jari tangan.

Berikut penampakan video Bagi-bagi Kurban Ala Sultan Arab, 1 Kambing Utuh Buat 1 Orang:









Next article Next Post
Previous article Previous Post