Warga Klaten Berusaha Usir Corona Pakai Ruwat Sengkolo

Warga Klaten Berusaha Usir Corona Pakai Ruwat Sengkolo

Warga Klaten Berusaha Usir Corona Pakai Ruwat Sengkolo


Para seniman bersama perwakilan tokoh agama menggelar acara ruwat sengkolo di Desa Burikan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Jumat (24/4/2020).

Ritual ini diikuti oleh perwakilan agama Islam, Kristen, Hindu, seniman dan didukung Pemerintah (Pemkab) Kabupaten Klaten.

Kepala Bagian Humas Pemkab Klaten, Wahyudi Martono, menyampaikan, pandemi Covid-19 merupakan keadaan yang luar biasa berdampak di segala sektor.

Maka dari itu untuk menghentikan penyebarannya harus dilawan secara bersama-sama.

“Tujuan dari kegiatan ruwat sengkolo adalah upaya melawan virus Corona sesuai dengan kemampuan masing-masing. Pendoa melalui doa, budayawan atau seniman mensosialisasikan agar masyarakat tertib sesuai imbauan pemerintah,” ujarnya.

Pelaku seni yang juga inisiator kegiatan, Supriyadi Jimbling, mengatakan, acara ruwat sengkolo dilakukan di area persawahan mengandung filosofi, yakni mensinergikan antara manusia dengan alam.

Seperti kondisi saat ini, alam terbuka tetapi terlihat tertutup karena adanya pandemi virus Corona.

“Kita kembali ke alam ini untuk membuka aura, sesuai dengan keyakinan agama masing-masing. Seperti yang saat ini kita laksanakan. Padi yang baru saja ditanam ini memfilosofikan semoga apa yang sudah diupayakan oleh pemerintah bisa membuat Corona segera musnah,” ujarnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post