Merinding! Video Pasien Corona Sebelum Meninggal: Ya Allah, Minta Minum 2 Jam Baru Datang

Merinding! Video Pasien Corona Sebelum Meninggal: Ya Allah, Minta Minum 2 Jam Baru Datang

author photo


Beredarnya Video Erni Aqilah Abyan, Seorang Pasien Corona Sebelum Meninggal Dunia menjadi viral di sosial media. Pasalnya Sebelum dinyatakan meninggal dunia, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) virus corona (COVID-19) Erni sempat curhat mengeluhkan buruknya pelayanan rumah sakit di RS Kota Padang Sidempuan.

Seperti diketahui Erni dinyatakan telah berpulang di RSUP Adam Malik, Jumat (3/4/2020) tadi malam.

Almarhumah Erni tercatat sebagai warga Padang Sidempuan, Sumatera Utara.

Curahan hati Erni disampaikan melalui akun media sosial miliknya hingga menjadi viral.

Diketahui korban mengunggah video ke media sosial dan mengeluhkan pelayanan rumah sakit di Padang Sidempuan.

Dalam video berdurasi 1 menit 41 detik itu Erni Aqilah Abyan tampak tengah merintih kesakitan dan mengalami sesak nafas.

Dia meminta tolong agar dirinya mendapatkan pertolongan yang manusiawi.

"Dada saya udh sesak, manggil2 perawat saja mw mintA minum 2jam Baru dtg, disuruh makan, tapi nasi nya saja msh layak di blg beras mentah, apa itu yg pantas di makan oleh seorang pasien????," tulis Erni dalam kolom komentar videonya.

Dalam video itu, Erni mengaku sesak lantaran hingga dua jam minta air minum tak kunjung datang.

"Ini ruangan RS Kota Padang Sidempuan. Sesak ya Allah. Minta minum saja dua jam baru datang ya Allah. Tuhanku. Sesak ya Allah. Tolong Bang," ujarnya lirih.

Dia pun mengatakan bahwa asupan makanan dan minuman yang minim dari RS terkait tidak layak sebagaimana mestinya seorang pasien yang sedang sakit.

“Ini gimana orang mau makan, nasinya keras. Orang yang sehat aja gak bisa makan ini. Apalagi saya yang lagi sakit,” ucapnya penuh lirih.

Erni mengaku sedang hamil sehingga khawatir akan kesehatan bayi yang dikandungnya. Bahkan ia sampai meminta kepada Wali Kota untuk mendapat rujukan rumah sakit yang lebih layak.

“Untuk bapak walikota Padang Sidempuan tercinta, BPK Irsan tolong lah pak kasi kan kesempatan saya di rujuk ke Medan di rumah sakit yg lebih layak lagi, dr pada rumah sakit umum kota padang Sidempuan ini, kasian kandungan saya, fasilitas dsini juga krg memadai, klo saya tahankan lama2 dsini yg ada saya cepat2 mati konyol,” ujarnya seperti terlihat dalam video di bawah ini.



Berita duka terkait kepergian Erni pertama kali disampaikan oleh Saleh Partaonan Daulay. Dia mendapatkan informasi tentang itu dari Direksi RS Adam Malik Medan.

"Berita Duka Cita. Saya baru mendapat kabar dari salah seorang direksi RS Adam Malik Medan. Dia mengabarkan bahwa Ibu Erni Aqilah Abyan yang kita rujuk tadi malam telah meninggal dunia setiba di IGD RS Adam Malik," kata anggota Komisi IX Saleh Partaonan Daulay melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (4/4/2020).

Dia mengatakan bahwa segala upaya maksimal telah kita lakukan untuk menangani pasien tersebut agar mendapatkan perawatan yang maksimal, namun Allah berkehendak lain.

"Mari kita doakan agar Allah mengampuni segala dosanya dan melipatgandakan pahala amal kebajikannya. Kita doakan juga agar keluarga dan kaum kerabatnya diberi kesabaran dan ketabahan," tambahnya.

Dia meminta kepada masyarakat, mohon dibantu agar jenazahnya dapat dilaksanakan fardhu kifayahnya sesuai dengan nasehat para dokter.

Tim dokter di RS Adam Malik mengatakan, Erni Iqbal Abyan berstatus sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Dengan demikian proses penanganan jenazahnya harus dilaksanakan sesuai prosedur pemakaman pasien yang terinveksi Covid-19.
Next article Next Post
Previous article Previous Post