Doa & Amalan Pelancar Rezeki di Bulan Ramadhan

Doa & Amalan Pelancar Rezeki di Bulan Ramadhan

Doa & Amalan Pelancar Rezeki di Bulan Ramadhan


Di bulan Ramadhan, Allah Subhanahu wa Ta'ala mencurahkan berbagai karunia kepada para hamba-Nya.

Ada begitu banyak bentuk karunia dari Allah, mulai dari rezeki, kehidupan, kebahagiaan, jodoh, harta benda dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh semua itu tentu bukanlah sebuah perkara mudah. Harus dibarengi dengan doa dan ikhtiar yang benar agar menjadi berkah.

Selain itu, ada beberapa doa amalan yang dianjurkan kepada umat Islam untuk dilakukan agar mendatangkan rezeki.

Terlebih lagi apabila amalan ini dilakukan pada saat bulan Ramadan, maka semakin banyak pula rezeki yang akan diperoleh.

Lantas amalan apa saja yang harus dilakukan?

Bersedekah


Amalan pertama yang ternyata bisa menjadi sumber datangnya rezeki ketika bulan Ramadhan adalah dengan bersedekah. Sedekah diartikan sebagai pemberian yang kita miliki kepada orang lain.

Ketika seseorang bersedekah kepada orang lain, maka Allah SWT menjanjikan ganti yang sangat luar biasa. Allah Ta’ala berfirman:

“ Perumpamaan (nafkah yg dikeluarkan oleh) orang-orang yg menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dan sebutir benih yg menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir berisi seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.” (Al-Baqarah:261)

Perbanyak Syukur


Amalan kedua yang mendatangkan rezeki di bulan suci yaitu memperbanyak syukur kepada Allah SWT.

Bersyukur menjadi suatu hal yang harus selalu kita lakukan, sebab dengan syukur tersebut maka Allah akan memberikan kenikmatan yang lebih dari pada apa yang diperoleh.

Berbanding terbalik dengan orang yang tidak mau bersyukur, maka mereka akan mendapatkan azab yang sangat pedih. Allah Ta’ala berfirman:

“ (Ingatlah) ketika Rabbmu memaklumkan, “ Sesungguhnya jika kalian bersyukur, niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu, tetapi jika kalian mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat”. QS. Ibrahim: 7.

Membaca Surat Al Waqiah


Pada saat bulan suci, banyak orang yang menyempatkan untuk membaca Al-Qur’an. Selain bernilai pahala, ternyata ada sebuah surat dalam Al-Qur’an yang dikenal dengan surat pendatang kekayaan.

Surat dimaksud adalah surat Al-Waqiah yang di dalamnya berisi kandungan mengenai iman dan tauhid. Selain itu juga ada bukti kekuasaan Allah SWT serta adanya hari kebangkitan saat hari kiamat kelak. Rasulullah SAW bersabda:

“ Ajarkanlah Surat Al Waqiah kepada isteri-isterimu. Kerana sesungguhnya ia adalah surah Kekayaan.” (Hadis riwayat Ibnu Ady)

Banyak Beristighfar


Amalan pendatang rezeki di bulan Ramadhan yang lain adalah dengan memperbanyak istighfar.

Seperti kita ketahui bahwa istighfar merupakan dzikir yang dianjurkan untuk dilakukan seluruh umat Islam.

Maknanya adalah untuk memohon ampun atas semua dosa yang pernah diperbuat.

Istighfar juga menjadi salah satu amalan penjemput rezeki. Terkadang dosa-dosa yang pernah kita lakukan akan menutup pintu rezeki dalam diri. Sehingga meski sudah berusaha semaksimal mungkin, namun tetap saja rezeki yang diinginkan tidak kunjung didapatkan.

Rutinkan Membaca Doa Berikut


Ini doa mustajab yang bisa kamu gunakan. Semoga Istiqomah dan bisa membuatmu lancar rezeki di tengah wabah yang datang di bulan Ramadhan.


اَللَّهُ لَطِيْفٌ بِعِبَادِهِ يَرْزُقُ مَنْ يَشَاءُ وَهُوَ الْقَوِيُّ الْعَزِيْزُ

“Allahu lathiifun bi’ibaadihi yarzuqu man yasyaa-u wahuwal qawiyyul ‘aziiz.”

Artinya :

“Allah Maha Lembut terhadap hamba-hamba-Nya; Dia memberi rezeki, kepada siapa yang di kehendaki-Nya, dan Dialah Yang Maha Kuat, lagi Maha Perkasa.”

Demikianlah Doa & Amalan Pelancar Rezeki di Bulan Ramadhan, Semoga kita semua senantiasa dilimpahi keberkahan dan kelancaran rezeki dalam hidup ini. Aamiin

Wallahu A'lam bisshowab
Next article Next Post
Previous article Previous Post