Hadapi Corona, Jokowi Minta Masyarakat Tak Panik dan Jangan Sering Sentuh Wajah

Hadapi Corona, Jokowi Minta Masyarakat Tak Panik dan Jangan Sering Sentuh Wajah

author photo
Hadapi Corona, Jokowi Minta Masyarakat Tak Panik dan Jangan Sering Sentuh Wajah


Munculnya virus corona di Indonesia membuat masyarakat panik.

Mereka langsung berburu hand sanitizer dan masker sebagai upaya pencegahan secara sederhana yang mereka pahami.

Alhasil, Harganya pun langsung naik drastis, berkali-kali lipat bahkan mencapai dua puluh kali lipat dari harga normalnya.

Melihat kondisi yang demikian, Presiden Indonesia Joko Widodo mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tak panik dan beraktivitas sebagaimana biasanya.

“Saya juga berharap masyarakat tetap waspada, tetap tenang, beraktivitas seperti biasa,” katanya pada Selasa (3/3) saat memberikan keterangan pers kepada awak media.

Jokowi juga mengingatkan masyarakat agar tetap tenang menghadapi virus corona ini, terlebih sampai memborong berbagai kebutuhan sehari-hari.

“Gak perlu memborong kebutuhan sehari-hari yang justru membuat langka. Pemerintah menjamin ketersediaan bahan pokok dan obat-obatan,” jelasnya.

Di samping itu, ia menyampaikan bahwa kebanyakan pasien yang positif terinfeksi virus tersebut berhasil sembuh total, baik di China, Jepang, Iran, maupun Italia. Menurutnya, hampir semuanya pasien dapat pulih kembali.

“Jadi, kita tidak perlu terlalu ketakutan masalah ini, tetapi tetap harus hati-hati dan waspada dalam beraktivitas,” ujarnya.

Terkait masker, Jokowi mengatakan bahwa stoknya di Indonesia masih aman. Menurut informasi yang ia terima, stok masker dalam negeri berjumlah 50 juta.

Meskipun demikian, ia mengakui bahwa masker tertentu memang menjadi barang yang langka.

“Saya juga sudah memerintahkan Kapolri bertindak tegas dengan penimbun masker dan menjualnya kembali dengan harga tinggi,” kata Jokowi.

Ia menegaskan kepada masyarakat bahwa harus ada keyakinan bersama bahwa wabahcorona ini bisa diatasi dengan baik.

“Kita harus meyakini bahwa ini bisa ditangani,” ujarnya.

“Di sinilah, solidaritas sosial kita diuji. Mari kita bersama mengatasi dengan bekerja keras dan tetap tenang,” imbuhnya.

Jokowi mengingatkan agar meningkatkan intensitas cuci tangan sebagai upaya pencegahan tertular virus corona.

“Kita dapat mencegah penularan virus corona ini dengan sering cuci tangan. Jangan sering menyentuh wajah,” katanya.

Namun, upaya terbaik dalam mencegah penularan virus corona, menurutnya, adalah menjaga kebersihan dan menjaga kebugaran kita sehingga imunitas kita lebih baik.
Next article Next Post
Previous article Previous Post