Cara Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Begini Cara Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan

Cara Khatam Al Quran di Bulan Ramadhan ini wajib disimak bagi siapa saja dari umat Islam yang ingin mengkhatamkan Al Quran di bulan Ramadhan.

Rutin membaca Alquran merupakan amaliah yang dilakukan ulama-ulama saleh di masa silam, maupun saat ini. Terlebih lagi di bulan Ramadan.

Imam Nawawi, dalam kitabnya al-Tibyan fî Adabi Hamalat al-Quran, menyebutkan keragaman tradisi mengkhatamkan Alquran para sahabat dan ulama salaf.

Diantara mereka ada yang mengkhatamkan Alquran dalam waktu persatu malam sekali, seperti sahabat Usman, dan Imam Syafi’i. Ada juga yang mengkhatamkan dalam waktu tiga hari, seminggu, sebulan, dan dua bulan sekali.

Tentu, kita perlu mebyiasati dengan cara-cara tertentu agar bisa mengkhatamkan Alquran sesuai target dalam waktu yang telah disebutkan di atas. Paling tidak, beberapa cara mengkhatamkan Alquran di bawah ini sebaiknya Anda coba selama bulan Ramadhan ini.

Baca 1 Juz Setiap Harinya

Untuk khatam Al-Quran di bulan Ramadhan, pastikan untuk membaca ayat Al Quran sebanyak satu juz setiap harinya.

Jika memiliki banyak waktu luang, kita sebaiknya membaca ayat Al Quran lebih dari satu juz setiap harinya. Baca ayat Al-Quran selepas berbuka puasa sambil menunggu tarawih atau seusai shalat malam ketika menunggu waktu sahur.

Baca 2 Lembar Seusai Salat 5 Waktu

Loading...

Agar bisa khatam Al-Quran di bulan Ramadhan, sebaiknya membaca Al-Quran paling tidak 2 lembar di setiap setelah shalat 5 waktu.

Pastikan agar selalu istiqomah membaca Al-Quran seusai shalat 5 waktu ini. Dengan sedikitnya membaca ayat Al-Quran sebanyak 2 lembar atau 4 halaman, kita bisa khatam Al-Quran di akhir bulan Ramadhan.

Beli Al-Quran Saku

Untuk mengkhatamkan 30 juz Al Quran di bulan Ramadhan, tidak ada salahnya kamu membeli Al-Quran saku.

Al-Quran saku bisa dibawa ke mana-mana dan dibaca di mana saja. Ketika ada waktu longgar, Kamu bisa membaca Al Quran dan menuntaskan cita-cita buat khatam Al Quran di bulan Ramadhan.

Instal Aplikasi Al-Quran di Gadget

Mengingat di zaman now yang semuanya serba canggih dan semua orang memiliki gadget, usahakan untuk menginstal aplikasi Al-Quran di gadget.

Daripada baca berita gosip atau politik, sebaiknya gunakan waktu luangmu untuk membaca Al Quran yang telah diinstal di gadget. Dengan istiqomah membaca Al-Quran lewat gadget, insya Allah kamu bisa khatam Al-Quran lebih cepat atau lebih awal dari perkiraan.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilaksanakan agar khatam Al-Quran di bulan Ramadhan.

Khatam Al Quran di bulan Ramadhan bukan merupakan hal yang mustahil selama ada niat yang kuat dalam hati. Khatam Al Quran 30 juz juga bukan hal yang mustahil selama kita istiqomah dan konsisten dengan niat kita.

Loading...
Ayo Bagikan Info Ini