Catat! Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Jatuh Pada Tanggal Ini, Ayo Sebarkan Demi Dakwah Islam!

Catat! Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Jatuh Pada Tanggal Ini, Ayo Sebarkan Demi Dakwah Islam!

author photo
Catat! Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Jatuh Pada Tanggal Ini, Ayo Sebarkan Demi Dakwah Islam!


Puasa Asyura Dan Tasu'a 2018 Jatuh Pada Tanggal Ini - Penetapan awal bulan hijriyah yang dipakai oleh umat islam terutama dalam pelaksanaan ibadah seperti puasa dan hari raya tentunya berbeda dengan kalender masehi yang di gunakan secara nasional di indonesia.

Di mana untuk hijriyah sendiri di tentukan dengan cara rukyatul hilal melihat hilal dan hisab atau perhitungan. Begitu pula ketika akan menentukan awal tahun islam serta puasa muharram asyura dan tasu'a 2018 ini.

Bersumber pada salah satu perhitungan hisab yang dilakukan oleh Kementrian Agama Indonesia, untuk tanggal 1 Muharram 1440 H jatuh pada Hari Selasa 11 September 2018.

Jika awal tahun baru islam jatuh pada tanggal tersebut maka untuk puasa tasu'a dan asyura 9 - 10 muharram jatuh pada hari Rabu, Kamis 19 - 20 September 2018. Penetapan ini akan sangat penting di ketahui oleh umat islam yang ingin melakukan puasa sunnah.

Bagi umat Islam yang mau melakukan puasa asyura sebagai amalan sunnah tahunan, hal pertama yang peling penting untuk di ketahui yaitu memahami terlebih dahulu kapan puasa tersebut dilakukan, meski sudah tentu 9 dan 10 bulan muharram namun tanggal hijriyah biasanya berbeda dengan tanggal masehi, sementara kalender yang umumnya dimiliki masyarakat indonesia adalah kalender nasional dengan tanggal masehi di dalamnya.

Maka melihat kenyataan tersebut, menyediakan informasi mengenai penetapan tanggal hijriyah baik itu yang berkaitan dengan awal 1 hijriyah dan waktu puasa asyura yang di kaitkan dengan kalender masehi akan sangat bermanfaat, agar mereka bisa dengan yakin dan segera melakukan ibadah sunnah. Seperti halnya juga terjadi ketika awal ramadhan, di mana orang menanti untuk menunggu awal bulan puasa.

Demikian sedikit pembahasan mengenai Puasa asyura dan tasu'a 2018 jatuh Pada Tanggal berapa, Semoga artikel yang cukup singkat ini bisa bermanfaat dan membantu umat Islam di seluruh Indonesia yang ingin mengetahui kapan puasa asyura 2018 jatuh pada tanggal di lakukan, dan kapan tahun baru islam hijriyah.
Next article Next Post
Previous article Previous Post