Lihat Penampakan Malaikat Jibril Di Ka'bah, Jamaah Haji Indonesia Ini Berteriak 'Allahu Akbar'

Lihat Penampakan Malaikat Jibril Di Ka'bah, Jamaah Haji Indonesia Ini Berteriak 'Allahu Akbar'

author photo
Berita Haji - Jamaah haji berusia 60 berteriak-teriak histeris. Dia kehilangan kesadaran dan mengigau melihat penampakan malaikat Jibril saat berada di Ka'bah. Dia kemudian dibawa ke Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) karena kondisinya makin tidak menentu.

Lihat Penampakan Malaikat Jibril Di Ka'bah, Jamaah Haji Indonesia Ini Berteriak 'Allahu Akbar'
Ilustrasi Penampakan Di Ka'bah


"Saya melihat penampakan di Ka'bah. seperti malaikat Jibril, Allahu Akbar," ujarnya.

Sementara itu putrinya yang berusia sekitar 28 tahun menangis histeris, ia panik melihat gelagat ayahnya yang tidak benar.

Teriakan bapak asal Jawa Tengah itu memecahkan ruang Unit Gawat Darurat (UGD) KKHI daerah kerja Mekah, di daerah Aziziyah Janubiyah, Kota Mekkah, Selasa 1 Agustus 2017.

Bapak tersebut langsung ditangani petugas medis untuk ditenangkan dan diberi penanganan pertama bagi pasien gangguan kejiwaan. Bapak itu terus berteriak dan memanggil-manggil nama anaknya.

"..Malik, Ahmad, Agus, Eni..." ujarnya.

Tidak jauh dari pasien tersebut, ada seorang ibu-ibu berusia 50 tahun. Dia menangis karena suaminya tidak sadarkan diri. Ternyata setelah diperiksa oleh dokter UGD, bapak tersebut mengalami serangan jantung dan harus segera dirujuk ke Rumah Sakit Arab Saudi setelah dilakukan tindakan defibrilator atau alat kejut jantung. Petugas dengan sigap mengantar jamaah haji tersebut menuju mobil ambulans.

"Abi,.. Abi...," tangis ibu tersebut yang ternyata adalah istrinya.

Para petugas haji dengan cekatan dan terstruktur menangani pasien jamaah haji.

Situasi di ruang UGD tersebut adalah simulasi yang merupakan gladi bersih penanganan jamaah haji 2017, untuk melatih petugas bila ada yang sakit atau dalam kondisi darurat.

Seperti diketahui, gedung KKHI yang ditepati saat ini merupakan bangunan baru yang dipersiapkan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk menangani jamaah yang tersebar di 11 sektor daker Mekah. Awalnya, KKHI tersebut adalah sebuah hotel. Namun direnovasi sesuai standar rumah sakit.

Simulasi tersebut disaksikan oleh Kepala Daerah Kerja Mekah Nasrullah Jasam, Ketua KKHI Daker Mekah dr M Yanuar Fajar sp.P, FISR, serta pejabat KKHI.

Peristiwa itu disaksikan oleh seluruh petugas kesehatan, agar bisa melihat langsung tugas petugas kesehatan dengan baik. Kasie Kesehatan Daker Mekah dr Etik Retno Wiyati mengatakan tujuan gladi bersih adalah mengetahui kesiapan sekaligus menyempurnakan evaluasi yang dilakukan secara internal.

"Meskipun ini hanya simulasi, situasi emergensi ini harus kita resapi. Kita berdoa jangan ada jamaah sakit yang datang, kecuali silaturahim," ujarnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post