Saat Bersujud, Jangan Meniru Anjing!

Saat Bersujud, Jangan Meniru Anjing!

author photo
Ini peringatan keras bagi seluruh Umat Islam yang sedang sholat tapi gayanya seperti anjing.

Sebagaimana diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik, Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda,

"Seimbanglah di dalam sujud, dan janganlah seseorang dari kamu menghamparkan kedua lengannya seperti terhamparnya (kaki) anjing." (HR Bukhari no. 822 dan Muslim no. 493)

Saat Bersujud, Jangan Meniru Anjing!


Menjelaskan hadits diatas, Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, " Hikmah melakukan cara seperti itu adalah untuk mendekatkan pada sifat tawadhu'.

Selain itu sujud yang benar adalah ketika dahi dan hidung benar-benar melekat atau menempel pada permukaan tanah. Cara sujud seperti itu akan menjauhkan diri dari sifat malas.

Perlu diketahui, cara sujud dengan lengan menempel ke tanah itu menyerupai anjing yang menghamparkan kaki depannya.

Kondisi lengan seperti itu juga merupoakan sebuah pertanda orang tersebut meremehkan sholat dan kurang perhatian terhadap sholatnya. Wallahu a'lam.

Dilarang Duduk Seperti Anjing

Selain sujud seperti gaya anjing, larangan lainnya adalah duduk seperti anjing.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu anhu, ia berkata,

" asulullah shallallahu alaihi wa sallam melarangku dari tiga hal (dalam sholat): mematuk (sujud) seperti patukan ayam jantan, duduk iq'a seperti iq'a anjing, dan menoleh seperti tolehan serigala." (HR. Ahmad 2/265, hasan lighairihi, Sahih at-Targhib no. 555)

Imam An-Nawawi rahimahumullah menyatakan, iq'a itu ada dua macam. Yang satu dibenci, yaitu seperti duduknya anjing; dan yang kedua sunnah, yaitu duduk meletakkan pantat di atas dua tumit (pada waktu duduk di antara dua sujud).

Duduk sunnah itu sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Abbas dan Ibnu Umar radhiyallahu anhuma, dan itulah yang dilakukan oleh Nabi sallallahu alaihi wa sallam.
Next article Next Post
Previous article Previous Post