Jangan Diremehkan, Lima Sentuhan Ini Sangat Agung Pahalanya Di Sisi Allah

Jangan Diremehkan, Lima Sentuhan Ini Sangat Agung Pahalanya Di Sisi Allah

author photo
Para ahli psikologi mengatakan, sentuhan bisa membuat kondisi psikis seseorang menjadi lebih baik. Digambarkan, saat seseorang yang sangat takut ketinggian, hingga setiap naik pesawat terbang, ia selalu mengandalkan obat tidur sebelum naik pesawat.

Jangan Diremehkan, Lima Sentuhan Ini Sangat Agung Pahalanya Di Sisi Allah


Namun, ketika penerbangan yang paling hebat adalah melintasi padang luas nan panas Benua Afrika, dengan daya turbulensi tinggi, obat tidur pun tak akan bisa memberikan efek yang maksimal. Hingga datanglah seseorang menyentuh dan menggenggam tangannya.

Ia pun merasa jauh lebih tenang hanya dengan 'disentuh' jika dibandingkan mengonsumsi obat tidur. Menurut dokter, sentuhan terhadap pasien juga dapat mempercepat kesembuhan bagi orang yang sakit. Apalagi jika disertai dengan pijatan lembut, belaian disertai doa dan motivasi.

Dan menurut pandangan Islam sendiri, ada beberapa sentuhan yang bukan hanya sekadar menempelkan kulit dengan kulit. Namun, sentuhan justru bisa mendatangkan pahala yang agung di sisi Allah. Apa sajakah sentuhan itu, Berikut adalah ulasannya,

Pertama, Mengusap Kepala Anak Yatim atau Piatu

Seperti kita ketahui, Para anak yatim telah kehilangan salah satu kekuatan terbesarnya dalam hidup mereka, ayahnya, ibunya, atau yatim piatu keduanya.

Bukan hanya kehilangan sumber nafkah, pakaian, pendidikan, dan perlindungan di rumahnya, mereka juga telah kehilangan kasih sayang terbesarnya dalam mengarungi kehidupan ini.

Karena itulah, Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam sangat menganjurkan pada kita untuk menyayangi dan menyantuni mereka dengan baik. Jika tidak mampu berbuat demikian, maka jangan sampai menghina apalagi menghardiknya, karena perbuatan tersebut bisa menjadikan pelakunya sebagai pendusta agama.

Firman Allah, Tahukah kamu (orang) yang mendustakan agama? Itulah orang yang menghardik anak yatim dan tidak menganjurkan memberi makan orang miskin. (QS al-Maun [107]: 1-3).

Kedua, Berjabat Tangan Sesama Muslim

Di era sosial media saat ini, dengan kegemaran chatting lewat jejaring, jarang sekali antar manusia bertemu di dunia nyata. Sekali bertemu, seperti saat berpapasan naik motor atau mobil, hanya membunyikan klakson.

Padahal, alangkah baiknya jika turun dan saling berjabat tangan. Maka mereka akan diampuni dosa-dosanya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, Tidaklah dua orang Muslim saling bertemu kemudian berjabat tangan, kecuali akan diampuni (dosa-dosa) mereka sebelum mereka berpisah. (HR Abu Dawud, At-Tirmidzi Ibnu Majah, dan Ahmad).

Ketiga, Usapan dan Ciuman Orangtua Pada Anaknya 

Ini merupakan tanda kasih sayang. Seperti disebutkan dalam sebuah hadits, saat Rasulullah mencium cucunya, Hasan bin 'Ali, dan di sisi Nabi ada Al-Aqro' bin Habis At-Tamimy yang sedang duduk.

Maka Al-Aqro' berkata, Aku punya 10 anak. Tidak seorang pun dari mereka yang pernah kucium. Maka Rasulullah SAW pun melihat Aqro' dan berkata, Barang siapa yang tidak menyayangi anak, maka ia tidak akan disayangi (Allah). (HR Bukhari dan Muslim).

Karena itu, jika anak kita terjatuh, janganlah hardik atau marahi dia sebab dia sedang sakit. Tetapi, usaplah mana yang sakit serta tenangkanlah.

Keempat, Sentuhan Tangan Anak Terhadap Orangtuanya

Misalnya, ketika akan berangkat sekolah, bekerja, atau berpamitan pergi.

Maka, sang anak pun serta-merta menjabat tangan dan mencium tangan orang tuanya, lalu mengucap salam. Demikian pula ketika orang tuanya sakit, sang anak ada di dekatnya, sambil memijat lembut tangan atau kaki orang tuanya. Bahkan, mencium keningnya tanda kasih. Seraya membaca doa atau ayat-ayat Al Quran.

Kelima, Sentuhan Mesra Suami Pada Istrinya

Saling bersentuhan antara lawan jenis bukan mahram adalah perbuatan maksiat dan berdosa. Namun berbeda jika seorang suami menyentuh istrinya, seperti bergandengan tangan dan meremas lembut tangan istri, justru hal tersebut mendapatkan pahala yang agung di sisi Allah sekaligus bisa merontokkan dosa-dosa pasangan tersebut.

Bahkan, Menggenggam tangan adalah aktivitas yang sangat disukai para wanita dari Pria, jikapun pernikahan Anda sudah menjelang 25 tahun atau bahkan 50 tahun pernikahan apalagi Anda yang baru memulai gerbang pernikahan maka selalulah genggam tangannya tatkala setelah shalat, bersantai di ruang keluarga dan ketika akan tidur malam sampai Anda terlelap. Bagi wanita genggaman kekar tangan suaminya memberikan rasa ketenangan yang mendalam, rasa aman dan merasa terlindungi.

Subhanallah, Lima sentuhan penuh pahala yang menumbuhkan kasih sayang diatas layaklah kiranya dilakukan setiap muslim sepanjang waktu.
Next article Next Post
Previous article Previous Post