Doa Memohon Akhiran Khusnul Khotimah Dan Terhindar Dari Bencana Buruk

Doa Memohon Akhiran Khusnul Khotimah Dan Terhindar Dari Bencana Buruk

author photo
Musibah seakan tak putus-putusnya melanda bangsa Indonesia. Belum hilang dari ingatan kita bencana tsunami yang melanda serambi Makkah Aceh dan gempa dahsyat di beberapa provinsi, kini berbagai gunung berapi pun memuntahkan jutaan kubik isi perutnya. Batu, kerikil, lahar panas dan abu dilemparkan ke udara dan menyebar ke wilayah yang sangat luas. Ribuan manusia meninggal dan ratusan ribu lainnya harus mengungsi.

Doa Memohon Akhiran Khusnul Khotimah Dan Terhindar Dari Bencana Buruk


Berbagai bencana alam yang terjadi semestinya mengingatkan pada kita bahwa kematian bisa datang setiap saat, dari arah yang tidak kita sangka-sangka dan dalam waktu yang di luar perkiraan kita. Kematian selalu datang mendadak dan mengejutkan kita.

Kematian adalah takdir Allah yang setiap makhluk bernyawa pasti akan mengalaminya. Namun persoalannya adalah bagaimana kita selaku hamba Allah bisa meraih akhiran yang baik, khusnul khotimah.

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam telah mengajarkan kepada umatnya doa-doa memohon khusnul khotimah, doa perlindungan dari segala macam bencana dan kematian yang buruk. Diantaranya adalah sebuah doa yang diriwayatkan dari Sahabat Abu Yasar Ka’ab bin Amru Al-Anshari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: “Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa salam biasa berdoa:

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ التَّرَدِّي وَالْهَدْمِ وَالْغَرَقِ وَالْحَرِيقِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari terjatuh dari tempat yang tinggi, tertimpa runtuhan bangunan, tenggelam, dan kebakaran. Aku berlindung kepada-Mu dari dirasuki (dikuasai dan disesatkan) setan saat kematianku datang. Aku berlindung kepada-Mu dari mati dalam keadaan melarikan diri dari medan perang di jalan-Mu dan aku berlindung kepada-Mu dari mati karena disengat binatang berbisa.” (HR. Ahmad, Abu Daud, An-Nasai dan Al-Hakim)

Semoga kita mampu untuk mendawamkan Doa Memohon Akhiran Khusnul Khotimah Dan Terhindar Dari Bencana Buruk ini, Aamiin.
Next article Next Post
Previous article Previous Post