Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan Ibadah Haji

Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan Ibadah Haji

author photo
Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan Ibadah Haji │ Melaksanakan ibadah haji ke tanah suci menjadi impian bagi setiap umat islam. Meskipun begitu, tidak semuanya bisa berangkat ke sana karena Allah belum menakdirkannya. Namun jangan putus asa karena setiap umat islam berpeluang untuk mendapatkan pahala yang setara ibadah haji.

Inilah 6 Amalan Yang Pahalanya Setara Dengan Ibadah Haji

Berikut adalah 6 amalan yang berpahala ibadah haji namun tidak menggugurkan kewajiban untuk berhaji bagi yang mampu.

1. Melaksanakan Shalat Fardhu Di Masjid Secara Berjamaah

Keterangan yang menyatakan bahwa shalat berjamaah di masjid berpahala haji terdapat dalam hadist dari Abi Umamah Radhiyallahu ‘Anhu.

Rasulullah bersabda, “Barang siapa yang berjalan menuju shalat fardhu berjamaah, maka ia seperti haji. Dan barang siapa yang berjalan menuju shalat sunat, maka ia seperti umrah sunah." (HR Ath Thabrani)

2. Berbuat Baik Kepada Orang Tua

Berbuat baik kepada kedua orang tua tak hanya menjadi sebuah kewajiban bagi seorang anak, namun juga bisa mendatangkan pahala yang setara dengan berhaji.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, seorang laki-laki datang kepada Rasulullah dan berkata, “Sesungguhnya aku ingin sekali berjihad, tetapi aku tidak memiliki kemampuan untuk itu.” Rasulullah kemudian bertanya, “Apakah masih ada yang hidup di antara kedua orang tuamu?” Lelaki itu menjawab, “Ibuku”, Rasul kemudian bersabda, “bertakwalah kepada Allah dengan berbuat baik kepada ibumu. Sebab jika engkau melakukan itu, engkau adalah jamaah haji, umrah dan mujahid (Orang yang berjihad).” (HR Ath Thabrani)

3. Menghadiri Majelis Ilmu Di Masjid

Umat muslim memiliki kewajiban untuk mencari ilmu, entah itu ketika muda ataupun tua. Dan salah satunya adalah dengan cara menghadiri majelis ilmu yang diadakan di masjid.

Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Barang siapa yang pergi ke masjid, ia tidak menginginkan hal itu kecuali untuk belajar kebaikan atau mengajarkannya. Maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang menunaikan ibadah haji, sempurna hajinya.” (HR ATh Thabrani)

4. Menunaikan Umroh Di Bulan Ramadhan

Salah satu kemuliaan yang terdapat bulan Ramadhan adalah dilipatgandakannya pahala. Begitu pun juga jika seseorang melaksanakan umroh di bulan tersebut, maka Allah akan memberinya pahala layaknya ibadah haji.

Dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘Anhu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda, “Melaksanakan umroh di bulan Ramadhan itu (berpahala) seperti haji atau (seperti) haji bersamaku.” (HR Muttafaqun ‘Alaih)

5. Duduk Di Masjid Setelah Shalat Subuh, Berdzikir Dan Melaksanakan Shalat Isyraq

Pahala ibadah haji juga bisa didapat setiap pagi yakni dengan berdzikir di masjid setelah melaksanakan shalat subuh hingga matahari terbit dan melakukan shalat isyraq. Bahkan Rasulullah menyebutkan amalan tersebut akan berpahala haji yang sempurna.

Dari Anas bin Malik Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah bersabda, “Barang siapa shalat subuh berjamaah, kemudian ia duduk (menunggu) sambil berdzikir hingga terbit matahari, lalu ia melaksanakan shalat dua rakaat, maka baginya pahala haji dan umroh, sempurna, sempurna, sempurna.” (HR Tirmidzi)

6. Berdzikir Setelah Shalat Wajib

Amalan terakhir yang mendatangkan pahala berhaji adalah dengan berdzikir setelah shalat wajib, sebagaimana hadist dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu.

Dalam suatu waktu orang fakir dari kaum Muhajirin datang kepada Rasulullah dan berkata, “Orang-orang kaya pergi membawa derajat yang tinggi dan tempat yang bergelimang nikmat.” Nabi bertanya, “Apa itu?” Mereka kemudian berkata, “Mereka shalat sama seperti kami shalat dan mereka berpuasa sama seperti kami berpuasa. Hanya saja (bedanya) mereka memiliki kelebihan harta sehingga mereka bisa menunaikan ibadah haji, umroh, berjihad dan bersedekah (dengan hartanya, sementara kami tidak bisa karena miskin).

Lantas Rasulullah bersabda, “Apakah kalian ingin aku ajari sesuatu yang (jika kalian amalkan) kalian dapat mengungguli orang-orang yang mendahului kalian dan mengalahkan orang-orang setelah generasi kalian? Dan tidak ada seorang pun yang lebih utama dari kalian, kecuali orang yang mengamalkan hal yang sama seperti yang kalian amalkan?”

Mereka menjawab, “Ya, Wahai Rasulullah.” Beliau bersabda, “Kalian bertasbih, bertahmid dan bertakbir setiap selesai shalat (masing-masing) sebanyak 33 kali.” (HR Muttafaqun Alaih).

Baca Juga:


Demikian 6 amalan yang pahalanya setara dengan ibadah haji dan bisa kita amalkan meski hidup dalam kesederhanaan. Semoga Allah memudahkan kita melaksanakan semua amalan tersebut sehingga pahala berhaji pun bisa kita dapatkan. Aamiin
Next article Next Post
Previous article Previous Post