Alhamdulillah.. Keluarga Korban Crane Makkah Dapat Diyat Rp. 3.5 Miliar

Alhamdulillah.. Keluarga Korban Crane Makkah Dapat Diyat Rp. 3.5 Miliar

author photo
Alhamdulillah, Setelah menunggu sekian lama, Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia, Lalu Muhamad Iqbal sudah memastikan seluruh Warga Negara Indonesia korban jatuhnya crane di Makkah akan mendapatkan uang kompensasi diyat atau dari Kerajaan Arab Saudi. Uang diyat ini akan diterima dari pemerintah Negeri Petro Dolar sebesar Rp 3,5 miliar per kepala.

Alhamdulillah.. Keluarga Korban Crane Makkah Dapat Diyat Rp. 3.5 Miliar


Iqbal, panggilan akrabnya mengatakan, hal ini merupakan keputusan resmi Pemerintah Arab Saudi. Putusan itu keluar karena usai dilakukannya investigasi, yang menyimpulkan insiden ini timbul akibat kelalaian kerja.

"Kalau yang crane sudah definitif, sudah diputuskan Pemerintah Arab Saudi itu kecelakaan akibat kelalaian," ucap Iqbal di Jakarta, Senin (11/1).

Dia menyebut, uang kompensasi yang akan diterima puluhan keluarga korban nilainya cukup besar. Bahkan mencapai lebih Rp 3 miliar.

"Mereka akan mendapatkan kompensasi diyat itu, 1 juta real, sekitar Rp 3,5 M," terangnya.

Jatuhnya crane raksasa di Masjidil Haram, Makkah mengakibatkan 111 jemaah meninggal dunia dan 390 lainnya luka-luka.

Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengungkapkan, Bahwa peristiwa itu merupakan kesalahan murni operasional yang dikembangkan oleh grup Bin Laden. Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Mustafa bin Ibrahim Al Mubarak, menjelaskan penanggung jawab alat berat tersebut tidak menaati petunjuk dalam buku panduan.

Menurutnya, Pemerintah Saudi Arabia telah memutuskan untuk memberikan sanksi ke Bin Laden Group. Salah satunya, Bin Laden Group tidak diperkenankan lagi mengikuti tender proyek di negara petrodolar tersebut.
Next article Next Post
Previous article Previous Post