5 Tempat Wisata di Saudi Selain Mekkah Dan Madinah

KabarMakkah.Com – Kerajaan Arab Saudi memang sudah dikenal banyak oleh seluruh penduduk muslim di dunia. Itu karena di daerah tersebut terdapat dua kota besar yang menjadi kota suci bagi umat Islam yaitu Mekkah dan Madinah. Keduanya merupakan kota yang dijadikan salah satu tempat untuk melakukan rukun Islam yang kelima yakni naik haji dan juga umrah.

Namun tahukah Anda bahwa di Saudi tidak hanya memiliki daya tarik dari kedua kota tersebut saja. Setidaknya ada 5 Tempat Wisata di Saudi Selain Mekkah Dan Madinah yang bisa dikunjungi saat berada di Arab Saudi.

1. Madain Saleh / Al Hijr

Madain Saleh
Madain Saleh

Tempat wisata ini terletak di Kota Al Ula dimana jaraknya 400 km dari kota Madinah. Meski nama resminya adalah Al Hijr, namun daerah tersebut lebih dikenal dengan sebutan Madain Saleh. Ternyata penamaan tersebut dikarenakan kaum Nabi Saleh yakni kaum Tsamud pernah bermukim di tempat tersebut.

Di sana terlihat bangunan yang cukup megah dan unik karena dipahat di perbukitan batu. Pahatan tersebut dibuat dengan memanfaatkan sebilah kayu dan bantuan dari air. Akan tetapi hingga saat ini bangunan kaum Nabatean yang dibuat tersebut masih tetap kokoh dan sebagian tempatnya masih digunakan untuk tempat tinggal, pemujaan dan kuburan.

Ciri khas yang langsung terlihat dari tempat tersebut adalah padang pasir yang mengelilingi perbukitan sehingga cukup menantang untuk didatangi. Untuk yang ingin kesana, tempat ini tidak mengenakan tarif apapun sehingga Anda hanya perlu kekuatan tekad saja untuk menuju ke sana.

2. Kota Thaif

Kota Thaif
Thaif Highway

Kota yang dulu pernah disinggahi Nabi saat menyebarkan Islam adalah Kota Thaif. Kini tempat tersebut menjadi tempat wisata yang cukup digemari karena mampu dijangkau oleh kendaraan dengan waktu satu jam saja jika berangkat dari Mekkah. Dengan letak yang berada di perbukitan batu, para pengunjung tidak perlu khawatir kelelahan karena terdapat sebuah jalan tol dengan sejumlah pengamanan agar para pengunjung merasa nyaman.

Di sepanjang tol pada bagian sisi tebing terdapat kawat pembatas yang berfungsi untuk menhindarkan pengguna jalan dari batu-batuan yang mungkin akan berjatuhan. Sementara di sisi lembah jalan tol dipasang beton pembatas agar pengguna kendaraan tidak terlalu dekat ke arah lembah. Pada kedua jalur ditempatkan pagar pembatas sehingga pengguna jalan bisa lebih tertib dan tidak mengakibatkan tabrakan dan kecelakaan.

Ketika malam menjelang, lampu-lampu jalan akan menerangi dengan sinar yang terang. Dengan suasana tersebut membuat perjalanan menuju ke Kota Thaif menjadi sebuah pengalaman yang sangat menyenangkan dan menegangkan.

Letaknya yang berada di perbukitan membuat hawa di kota tersebut cukup sejuk dan terdapat tanaman yang menghijau. Pada beberapa tempat terdapat taman berumput yang bisa digunakan untuk bersantai sembari menggelar tikar. Tak lupa terdapat juga para penjual buah yang siap menyambut Anda di gerbang kota tersebut. Dengan kata lain, Thaif menjadi daerah berumput di tengah wilayah arab yang gersang dan berpasir.

Loading...

3. Pantai Thuwal

Pantai Thuwal
Pantai Thuwal

Sebagian dari wilayah Arab Saudi berbatasan langsung dengan Laut Merah. Jadi bukan padang pasir saja yang bisa kita temukan di wilayah tersebut. Salah satu pantai yang cukup dikenal dan berada di pesisir barat adalah Pantai Thuwal.

Pantai yang berada di Kota Thuwal ini berada sekitar 80 km dari utara Kota Jeddah. Pantai ini juga merupakan pantai yang bisa dinikmati secara umum atau gratis dimana suasananya tenang tanpa banyak ombak. Ini karena memang pantai thuwal ada di wilayah teluk.

Sementara itu dari segi fasilitas, terdapat kelengkapan yang cukup memadai seperti ruang kamar mandi dan kelengkapan berenang. Sebagai penjagaan, ditempatkan pula para penjaga di sepanjang area pantai.

4. Padang Badar

Padang Badar
Pekuburan Syuhada Badar

Inilah daerah yang menjadi saksi bagaimana kaum muslimin berperang melawan kaum kafirin secara besar-besaran. Perang Badar merupakan perang yang pertama kali sejak kaum muslimin hijrah ke Madinah. Dengan kekuatan yang sedikit, muslimin pendukung Rasulullah berhasil mengalahkan kaum musyirikin dalam peperangan tersebut.

Di daerah tersebut didominasi oleh Padang Badar sehingga hampir sejauh mata memandang, yang dilihat hanyalah kumpulan pasir yang berbukit-bukit. Demi keselamatan, sebaiknya Anda tidak pergi ke daerah sana pada musim dingin dikarenakan anginnya yang kencang dan suhu yang sangat rendah.

Untuk bisa menuju ke sana diperlukan waktu sekitar satu jam dari kota Madinah.

5. Al Baha

5 Tempat Wisata di Saudi Selain Mekkah Dan Madinah
Bangunan kuno di Al Baha

Tempat wisata yang bisa dikunjungi lainnya adalah Al Baha yang berjarak sekitar 3 hingga 4 jam perjalanan dengan menggunakan mobil. Dengan letak yang berada di dataran tinggi, suhu daerahnya sangatlah dingin. Ditambah lagi di sana terdapat banyak hutan serta perbukitan sehingga suhu paling tinggi hanya 30 derajat saja. Sangat kontras dengan kondisi Arab Saudi secara keseluruhan.

Saat musim panas, para penduduk dari kota lain sengaja datang ke daerah Al Baha untuk menikmati suhu yang lebih sejuk. Di sana terdapat sebuah taman bernama Ragadan Park yang menjadi destinasi wisata penduduk yang paling favorit.

Jadi jangan berpikir bahwa Arab hanya terdapat Kota Mekkah dan Madinah saja. Masih banyak lagi tempat yang bisa dikunjungi saat berada di sana.

Loading...
Ayo Bagikan Info Ini